Simak! Cara SMART Raih Sukses bagi Pekerja Baru

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Menetapkan dan mencapai tujuan merupakan komponen penting dari kesuksesan karier. Tidak ada yang dapat mengukur kesuksesan kecuali Anda memiliki seperangkat tujuan yang telah ditetapkan.

Sayangnya, banyak pekerja pemula yang memiliki pandangan salah dan berpikir bahwa tujuan kinerja perusahan adalah tugas manajer. Padahal, sebagai seorang karyawan, salah satu tugas Anda adalah untuk menetapkan tujuan dari tanggung jawab pekerjaan Anda sendiri.

Anda mungkin tidak akan mengerti dengan hal itu pada awalnya, tapi akhirnya Anda akan menguasainya. Sebagai pekerja, lima cara SMART ini mungkin dapat membantu Anda dalam meraih tujuan.

Spesifik (Spesific)

Membuat kinerja yang baik adalah memiliki tujuan yang bersifat spesifik. Kesalahan umum dalam menyusun tujuan adalah menuliskan hasil yang spesifik ketimbang langkah yang spesifik untuk mencapai hasil tersebut.

Terukur (Measurable)

Beberapa pemula dalam karier menemukan kesulitan dalam menentukan tujuan yang terurkur. Namun, memang perlu disadari bahwa tidak semua tujuan terukur. Berdasarkan pengalaman, sebagian besar tujuan kinerja yang baik akan memiliki hasil yang dapat diukur.

Dapat tercapai (Achievable)

Tentukan tujuan yang menantang, namun dapat dicapai untuk membangun harga diri dan kepercayaan. Tujuan ini akan mendatangkan lebih banyak tanggung jawab dan pengharagaan.

Beberapa orang berpendapat bahwa tujuan yang baik adalah hal-hal yang mustahil untuk dicapai, namun sebagian orang berpandangan sebaliknya. Dalam karir, biasanya ada hal-hal yang realistis dan dapat dicapai dengan kemapuan serta kapabilitas Anda.

Berfokus pada hasil (Results-focused)

Ketika menetapkan tujuan, Anda harus mengingat bahwa Anda ingin memberikan hasil terbaik kepada organisasi. Oleh karena itu, tujuan Anda harus berorientasi hasil. Kesalahan umum yang terjadi adalah tujuan yang fokus kepada tercapainya kegiatan, bukan hasil yang ditetapkan

Waktu (Time Bound)

Anda harus memberikan batasan untuk mencapai tujuan Anda. Dengan batasan waktu yang tepat, maka langkah yang Anda susun akan lebih tepat sasaran dan terukur.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here