Pesawat Bersayap Bakal Meluncur ke Luar Angkasa

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

China tampaknya tengah mengembangkan jenis pesawat ruang angkasa baru dan bermaksud meluncurkan spaceplan rahasia nan futuristik pada 2020. China Aerospace Science and Technology Corporation (CASTC) – kontraktor utama program luar angkasa NASA dikabarkan telah bekerja untuk mengembangkan pesawat ruang angkasa selama lebih dari satu dasawarsa.

Kini China kemungkinan besar akan menjadi negara pertama yang mencapai jenis pesawat ruang angkasa yang baru dan berfungsi penuh.

Laporan media lokal yang mengutip pengumuman belum lama ini dari badan antariksa China mengklaim bahwa pesawat ruang angkasa futuristik telah dirancang untuk mendarat secara horizontal dan landas dari landasan pacu sebelum meluncur ke ruang orbit.

Ilmuwan CASTC Chen Hongbo mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa tersebut akan “terbang ke angkasa seperti pesawat terbang,” sebagaimana laporan Xinhua.

Pesawat ruang angkasa itu dilaporkan telah dirancang untuk beralih ke ramjet propulsi setelah lepas landas, sebelum akhirnya switch ke motor roket saat ia meninggalkan atmosfer bumi dan masuk ke ruang angkasa.

Juni lalu, wakil direktur CASTC Liu Shiquan mengatakan bahwa badan antariksa mengembangkan “kendaraan luar angkasa yang dapat lepas landas dan mendarat secara horizontal,” seperti dikabarkan ArsTechnica.

Pejabat tersebut juga melaporkan bahwa badan antariksa itu telah menyelesaikan beberapa pengujian.

Menurut Chen, spaceplane yang dapat di daur ulang juga akan lebih mudah untuk mempertahankan dan meningkatkan frekuensi peluncuran dengan biaya lebih rendah ketimbang pesawat ruang angkasa saat ini.

Jika China berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa yang bisa di daur ulang, negara Tirai Bambu itu bisa menjadi negara pertama yang meluncurkan pesawat ruang angkasa tanpa bergantung pada roket. Tak hanya itu, pesawat itu juga akan menjadi kendaraan bersayap pertama yang meluncur ke ruang orbit.

Peluncuran pesawat antariksa yang dimaksudkan China sejalan dengan rencana ambisius negara tersebut untuk meningkatkan perannya dalam misi ke luar angkasa. Beijing sebelumnya telah mengindikasikan bahwa pihaknya juga bermaksud untuk memiliki stasiun antariksa yang mengorbit Bumi pada awal 2020-an.

Tak hanya itu, negara dengan penduduk yang banyak tersebut juga diyakini sedang dalam diskusi dengan European Space Agency (ESA) untuk berkolaborasi dalam membangun sebuah “moon village”. Demikian seperti dilansir IB Times, Selasa (7/11/2017).

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here