Cata Menyisihkan Gaji Bulanan untuk Ditabung

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Memiliki tabungan yang cukup bukan perkara yang mudah. Memiliki penghasilan yang cukup juga bukan satu-satunya cara untuk menyelesaikan segala masalah finansial. Terkadang dengan memiliki gaji bulanan tanpa pengaturan yang baik juga akan menimbulkan banyak masalah ke depannya. Salah satu hal yang sering kita dengar akan tetapi jarang juga kita perhatikan adalah menabung. Kata “menabung” sering kita dengarkan dan sering sekali didengung-dengungkan agar kita gemar melakukan aktivitas menabung.

Namun, banyak dari kita yang rela mengorbankan tabungan demi kebutuhan-kebutuhan sekunder. Bahkan ironisnya hal-hal tersebut adalah hal yang terkadang tidak mendesak. Beberapa hal yang harus dilakukan agar kita dapat menyisihkan penghasilan bulanan untuk menabung mempunyai beberapa poin, apa saja?

1. Tentukan Jumlah Target

Menentukan jumlah yang akan kita tabung setiap bulan akan sangat membantu kita dalam menyisihkan besaran pasti tiap bulannya. Besaran jumlah bukan berarti harus lebih besar jumlah yang ditabung daripada pendapatan, melainkan proporsional dengan jumlah penghasilan bulanan kita. Hal ini harus diakui karena akan dapat memengaruhi konsistensi aktivitas menabung kedepannya. Lebih baik kita menabung dengan jumlah yang proporsional dan tidak terlalu besar atau bahkan tidak terlalu kecil, yang penting terus-menerus. Menabung dengan jumlah yang cukup besar akan membuat kita merasa keberatan.

Apabila kita menyisihkan uang bulanan terlalu besar, hal ini juga akan banyak mengganggu kebutuhan bulanan kita. Secara otomatis kita juga akan sering menggunakan tabungan kita jika membutuhkannya. Oleh karena itu, lebih baik apabila kita menabung dengan jumlah yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, sehingga dapat mempertahankan konsistensi dalam menabung.

2. Harus Punya Tujuan Menabung

Menabung haruslah memiliki tujuan dan target. Target dan tujuan yang jelas akan memberikan motivasi bagi kita. Sebuah misal, kita akan menabung sampai dengan jumlah tertentu dengan tujuan untuk membeli sebidang tanah. Dengan memberikan sebuah target akan membantu kita untuk terpacu dalam menabung.

3. Saat Gaji Turun, Langsung Tabung

Untuk memperlancar program tabungan kita, salah satu trik jitu adalah dengan memotongnya di depan pada saat kita menerima penghasilan bulanan. Potong jumlah nominal yang sudah kita sepakati dengan diri kita sendiri. Jangan sampai menunda untuk memotong uang bulanan kita untuk menabung.

Terkadang kita sering menunda-nunda untuk memotong uang gaji bulanan yang akan kita alokasikan untuk menabung. Alhasil, bukannya menabung melainkan uang yang seharusnya kita pergunakan untuk menabung akan ludes digunakan untuk kepentingan hal-hal yang kurang penting.

4. Buat Rekening Khusus Menabung

Agar uang yang kita tabung aman, ada baiknya kita menggunakan rekening khusus untuk tabungan dan rekening khusus untuk kebutuhan sehari-hari. Simpan kartu ATM yang kita gunakan untuk rekening khusus tabungan, jangan dibawa dalam dompet. Usaha ini adalah usaha untuk menghindari kita menggunakan uang yang ada di dalamnya. Usahakan kita membuka rekening tabungan dan rekening untuk uang sehari-hari dengan jenis bank yang sama. Dengan jenis bank yang sama, maka akan memudahkan kita untuk melakukan pemotongan dana tabungan hanya dengan melakukan transfer melalui fasilitas e-banking yang tersedia.

5. Disiplin dan Konsisten Menabung

Yang terakhir adalah sesuatu yang sederhana namun sulit untuk dilakukan. Melakukan kedisiplinan untuk kepentingan kita sendiri bukanlah hal yang mudah. Dengan melakukan disiplin diri untuk menabung, maka akan dengan cepat dana kita terkumpul dan mencapai target yang sudah kita buat sendiri. Akan tetapi, biasanya kita merasa lalai dan melanggar peraturan yang sudah kita buat sendiri. Inilah yang disebut dengan kurangnya disiplin terhadap diri sendiri. Melakukan pelanggaran terhadap kesepakatan yang sudah kita buat sendiri akan membuat kita terhambat menjadi sukses meraih apa yang sudah kita inginkan.

Hemat Pangkal Kaya

Menabung adalah salah satu bagian dari langkah kita untuk melakukan penghematan. Apabila kita tidak melakukan banyak penghematan dan cenderung boros sulit bagi kita untuk menabung. Alhasil target yang ingin kita capai akan berantakan dan kita tidak bisa rutin menabung pada tiap bulannya.

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here