6 Tips Menghindari Kerugian Investasi Emas!

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Emas adalah logam mulia yang warnanya kuning dan tidak mudah berkarat. Dulunya emas banyak digunakan sebagai alat tukar secara global. Seiring berkembangnya zaman, alat tukar telah berganti menjadi uang. Dan emas malah digunakan sebagai piliha investasi yang cukup menguntungkan. Emas juga bisa diperjualbelikan ke dalam bentuk yang bervariasi, baik batangan maupun perhiasan.

Emas terbilang fleksibel karena bisa dipakai sebagai perhiasaan dan bisa menjualnya saat sedang memerlukan uang. Saat menjual emas, umumnya sebagian orang takut kalau harga jualnya akan jauh lebih murah dibandingkan saat membeli sehingga mereka takut merugi. Harga emas memang sering turun naik. Tapi kalau mengetahui cara menjual emas dengan baik, Anda bisa terhindar dari kerugian yang terlalu besar.

Berikut ini tips menghindari kerugian dari investasi emas.

1. Miliki Emas dengan Surat-Suratnya

Saat membeli emas di toko emas, Anda akan diberikan surat pembelian resmi dari toko emas terkait. Simpan baik-baik surat tersebut. Sebab walaupun hanya selembar kertas kecil, surat ini adalah bukti keaslian emas yang Anda beli.

2. Tahu Kadar Emas yang Dimiliki dan Pantau Terus Harga Jualnya

Membeli emas berarti harus mengetahui berapa besar karat dari emas tersebut. Nilai jual emas tergantung pada karat dan beratnya. Untuk emas 24 karat, harganya tentu berbeda dengan 18 karat. Anda pastikan kalau Anda menjual emas tersebut harganya sesuai dengan kadar emasnya. Kadar emas yang dimiliki juga sebaiknya lebih dari 18 karat sehingga akan mendapat keuntungan.

3. Pastikan yang Digunakan adalah Alat Penguji Keaslian Emas

Sebagai orang yang memiliki emas, Anda juga harus mengetahui tentang alat penguji emas. Biasanya toko emas atau Pegadaian menggunakan alat penguji keaslian emas. Sebaiknya, Anda tidak memberikan emas untuk digosok. Sebab cara ini bisa mengurangi kadar emasnya.

4. Pilih Tempat yang Terpercaya

Pilih tempat yang sesuai untuk Anda bisa menjual emas. Ada sebagian toko yang bisa membeli dengan harga mahal, ada juga yang membeli dengan harga murah. Pastikan tempatnya sesuai. Sebagai saran, Anda bisa menggadaikan emas lewat Pegadaian. Sebab nilai jual pasarannya cukup tinggi. Selain itu, Antam juga memberikan 95% dari harga pasar.

5. Hindari Menjual Emas di Tempat Lain

Jika Anda hendak menjual emas itu kembali, jual di toko awal di mana Anda membeli emas tersebut. Toko yang sama biasanya bisa menerima kembali walaupun dengan harga yang lebih rendah dibandingkan saat membeli. Anda bisa mendapatkan nilai jual 70-80% dari harga belinya.

Cari Emas dengan Mutu Terbaik

Seperti telah diulas di atas, emas dengan kualitas yang baik dan memiliki nilai karat yang besar, semisal di atas 18 karat, akan memiliki nilai jual atau gadai yang tinggi. Terlebih kalau Anda perlu uang untuk modal berbisnis, Anda sebaiknya mencari emas dengan mutu terbaik supaya nilai dan harganya tidak terlalu rendah saat dijual atau digadaikan.

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here