Bahas Perppu Ormas, DPR Sebatas Terima atau Menolak

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) sudah masuk ke DPR. Dalam kewenangannya, DPR hanya sebatas untuk menerima atau menolak.

Demikian dikatakan Wakil Ketua Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/8/2017).

Fahri Hamzah tak bisa memastikan apakah perppu tersebut bakal diterima atau ditolak karena pembahasannya belum berjalan. Namun, ia dapat pastikan tak akan ada pasal yang berubah dalam perppu tersebut bila nantinya diterima.

“Tidak (perubahan pasal), hanya setuju dan tidak setuju. ‎Tapi, kalau mau ada nota tambahan seperti misalnya untuk segera mengubah UU Ormas, terserah itu nanti pembahasan tingkat pertamanya di Komisi II,” ujarnya.

Fahri menjelaskan, bahwa Perppu Ormas sudah melewati Badan Musyawarah (Bamus) untuk selanjutnya akan dibahas Komisi II.

“Kemarin disepakati pembahasannya oleh Komisi II oleh Bamus, bukan pansus ya, (Perppu) diserahkan ke Komisi II,” ucap Fahri.

Setelah diserahkan, lanjut Fahri, Komisi II akan membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk membahas Perppu Ormas tersebut lebih lanjut.

“Biasanya, Komisi II itu bentuk Panja pembahasan. Nanti Panja akan melakukan pembicaraan tingkat pertama dengan pemerintah di Komisi II, kalau sudah disepakati dibawa ke paripurna,” pungkasnya.

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.