Perhatikan Hal Ini Bila Ingin Mengganti Lampu Depan Mobil

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Sekarang ini fungsi lampu mobil tidak hanya sebagai alat penerang, tapi bisa dijadikan pendongkrak penampilan. Umumnya perubahan yang dikehendaki oleh pemilik kendaraan adalah mengganti tipe bohlam dari yang standar menjadi high intensity discharge (HID), halogen, dan lainnya. Selain itu ada juga yang mengganti rona warna lampu sehingga tampil cantik, terlebih ketika di suasana gelap.

Saat ini, produk bohlam aftermarket yang tersedia di pasaran rata-rata sudah dalam berbagai ukuran sehingga sesuai dengan dudukan lampu di berbagai merek mobil.

“Kalau mau memodifikasi lampu pada kendaraan, cari tempat yang profesional di bidangnya, misalkan ada penggantian di proyektor, penggantian LED dan lampu senja, usahakan pilih produk yang cukup baik sehingga tidak mudah korsleting atau putus,” ujar Tomi Gunawan, builder dari bengkel modifikasi Tomi Airbrush.

Di samping itu, tambah Tomi, bila penggantian lampu sampai mengharuskan membuka cover, pastikan berada di lingkungan yang bersih, bebas dari debu dan kotoran. Jika tidak, debu bisa menempel di covernya.

“Kalau ada penambahan proyektor atau sampai harus membuka batok dari lampu tersebut usahakan cari tempat yang baik supaya saat pemasangan tidak banyak terjadi kaya uap atau kotoran masuk ke dalam, sehingga hasilnya cukup baik. Selain itu, gunakan lampu HID yang mempunyai garansi. Karena kalau lakukan bongkar pasang itu kan cukup repot jadi ketahuan produk tersebut kuat atau tidak,” terang tomi.

Penggantian lampu standar dengan aftermarket bukan tanpa risiko. Pemasangan yang tidak benar atau salah menggunakan kabel dapat menyebabkan kerusakan pada lampu, bahkan bisa juga menyebabkan kebakaran.

“Itu kadang dari tarikan kabelnya salah dan juga sembarangan. Jadi, pemasangan atau penggantian lampu itu sama halnya dengan audio. Cari teknisi yang andal di bidangnya karena itu penting sekali, soalnya hubungannya dengan elektrikal mobil,” pungkas Tomi.

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here