Tips Maksimalkan Media Sosial untuk Cari Kerja

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Siapa bilang media sosial hanya untuk memposting tentang cerita dan keseharian kita? Kamu bisa juga kok menemukan keberuntungan di sana dalam hal mencari kerja. Nah berikut adalah tips untuk memaksimalkan media sosial kamu untuk mencari pekerjaan, yuk kita simak bersama.

1. Bergabung dengan komunitas (fanpage/grup)

Cobalah untuk bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu yang dapat berkaitan dengan dunia kerja atau yang berpotensi menampilkan lowongan kerja atau info seputar dunia kerja yang dapat membantu kamu untuk menemukan peluang kerja disana. Kamu bisa mulai dengan mengikuti fanpage ataupun bergabung dengan beberapa group guna menambah peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

2. Buat informasi profil mu dengan benar

Buatlah informasi diri di dalam menu profile dengan benar, tuliskan data yang sebenarnya tanpa harus menambah-nambahkan sesuatu yang tidak perlu dan tidak berkaitan dengan dunia kerja. Seperti nama orang tua atau keluarga. Pilihan yang tepat untuk kamu adalah melengkapi kolom pendidikan serta keahlian yang kamu punya.

3. Jangan meminta pekerjaan

Mungkin menjadi rahasia umum untuk seorang pencari kerja untuk tidak meminta pekerjaan kepada rekan-rekan relasinya di media sosial. Tentu itu akan menambahkan kerugian bagi kamu yang memposting pertanyaan demikian. Alangkah lebih baiknya bila kamu memperkenalkan saja siapa dirimu, keahlian dan kemampuan mu, serta kamu juga bisa menambahkan pengalaman kerja yang tepat di dalam suatu komunitas yang kamu singgahi tersebut. Sehingga kamu mendapatkan nilai yang lebih bahwa kamu memang layak untuk bekerja.

4. Filter konten yang ada di dinding pribadimu

Untuk menjadi seorang profesional, kamu juga harus memiliki daya tarik yang kuat sebagai calon pekerja. Kamu bisa mendapatkan daya tarik tersebut dengan cara memfilter (menyaring) kembali konten-konten yang pernah kamu tampilkan di media sosial yang kamu punya. Seperti foto, status atau berbagai macam hal lainnya yang tidak menunjukan kamu sebagai seorang yang profesional alangkah baiknya kamu sembunyikan dari publik atau menghapusnya. Karena melakukan hal yang demikian seperti ini dapat membantu kamu untuk memiliki daya tarik dari beberapa perusahaan yang pernah kamu coba untuk melamar atau yang sedang mencari seorang pegawai untuk menjadikan kamu sebagai salah satu calon terkuat yang akan menjadi pegawai di perusahaan mereka.

Semua hal yang disebutkan diatas merupakan sebuah tips jitu yang dapat membantu kamu untuk menemukan sebuah pekerjaan dengan cara memaksimalkan kemampuan sosial media yang kamu miliki. Sehingga pada akhirnya para perusahaan pun dapat menyukaimu yang menggunakan media sosial dengan bijak dan semestinya. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan salam sukses!!

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here