5G Siap Menopang Kehidupan Digital di Masa Depan

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Pemanfaatan teknologi seluler generasi kelima (5G) diyakini dapat mempercepat kehidupan digital di masa depan, sehingga memungkinkan semua hal dapat dioperasikan melalui perangkat bergerak (everything on mobile and connected).

Akses jaringan mobileakan mengubah industri telekomunikasi yang memungkinkan semua terkoneksi kapan dan di mana saja. Di masa yang akan datang, akses tanpa kabel (nirkabel) pada akhirnya akan digunakan.

Teknologi 5G akan memberikan jaringan nirkabel yang fleksibel, dapat diandalkan, dan aman untuk menghubungkan orang dengan seluruh aplikasi, layanan, dang hal lainnya. Pada era everything on mobile and connected,jaringan mobile pun harus dapat memenuhi kriteria tiga dimensi, yaitu jumlah koneksi, latensi, dan throughput.

“Inovasi teknologi, terutama 5G, dapat mempercepat langkah untuk menuju dunia yang terkoneksi dengan lebih baik. Telah diantisipasi, masa depan akan menyaksikan perwujudan dari pengalaman dan aplikasi baru, seperti mobil tanpa kemudi, operasi dari jarak jauh, teknologi virtual reality (VR), dan hiburan imersif berbasis VR,” ujar Mohamad Rosidi, direktur strategi dan marketingTIK Huawei Indonesia, Selasa (25/7).

Teknologi 5G pun dapat memenuhi berbagai skenario aplikasi dengan koneksi antarbenda menjadi skenario yang utama, termasuk mengemudi otonom, kendaraan terkoneksi (V2X), pengiriman melalui pesawat tanpa awak (drone), dan otomasi robot industri (Industry 4.0).

Bagian terpenting dari koneksi 5G adalah kemampuannya dalam menghadirkan VR dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang lebih baik, menghubungkan mesin ke mesin (M2M), dan membawa perangkat yang terhubung dengan internet (internet of things/IoT) ke tahap selanjutnya.

Teknologi 5G akan mampu mem-berikan dukungan yang kuat terhadap perkembangan internet dan memberikan pengalaman mobile broadband (MBB) melalui pemenuhan kriteria untuk tingkat spektrum yang tinggi, tingkat puncak yang tinggi (high peak rates), jumlah koneksi yang banyak, dan latensi yang sangat rendah berkisar di 1 mili detik.

Hal itu juga memungkinkan operator untuk memberikan lebih banyak koneksi mobile network of things (MoT), sehingga mampu mempromo-sikan industri MBB.Sebagai yang selalu terdepan, masyarakat Indonesia selalu terbuka dalam mengadopsi teknologi baru. Indonesia baru saja memulai transformasi digital dan tengah fokus dalam memperbaiki infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan melakukan inovasi untuk berbagai aplikasi.

Teknologi mobile telah mengubah kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk cara berkomunikasi, transportasi, dan perdagangan elektronik (e-commerce), sehingga gebrakan di bidang teknologi akan membawa nilai tambah.

source : beritasatu

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY