Penjualan Kamera Digital Semakin Tergerus

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Hadirnya fitur kamera yang semakin canggih pada ponsel pintar telah membuat penjualan kamera digital makin tergerus. Hal tersebut juga diakui oleh Canon Division Director PT Datascrip, Merry Harun.

Diungkapkan Merry, saat ini market size kamera digital di Indonesia hanya tinggal ratusan ribu unit saja. Padahal empat tahun lalu, penjualan kamera digital bisa mencapai di atas satu juta unit per tahun.

“Kalau dikatakan kehadiran ponsel mengganggu penjualan kamera digital, memang mengganggu. Saat ini market size-nya hanya tinggal ratusan ribu unit saja. Pemainnya juga tidak sebanyak dulu, sudah terseleksi,” kata Merry Harun, di acara peresmian Canon Image Square ke-9 di gerai Focus Nusantara, Tanah Abang, Jakarta, Kamis (20/7).

Meski begitu, Merry tetap optimistis usia kamera digital akan tetap panjang. Apalagi ada banyak fitur khusus yang tidak dimiliki oleh kamera ponsel, tetapi hanya ada di kamera digital.

“Kualitas sebuah foto tidak hanya ditentukan oleh resolusi, tetapi juga sensornya. Di ponsel, karena ukurannya yang terbatas, sensornya tidak sebesar yang dimiliki kamera digital. Fitur ini sangat memengaruhi hasil dari sebuah foto, apalagi kalau untuk dicetak,” tutur Merry.

Dari beberapa kelebihan yang hanya dimiliki oleh kamera digital, menurut Merry saat ini penggunaan kamera digital tetap dibutuhkan pada beberapa moment penting untuk kebutuhan dokumentasi.

“Untuk dokumentasi, orang lebih pilih kamera digital. Kalau ponsel, biasanya untuk yang spontanitas saja. Makanya sekarang Canon tidak mau bermain di segmen low end yang mencari kamera hanya untuk sekedar memotret. Kalau itu yang dicari, sudah bisa dipenuhi oleh kamera ponsel,” tutur Merry.

Fitur unggulan pada kamera ponsel saat ini juga sudah mulai diaplikasikan pada kamera digital. Contohnya pada kamera saku terbaru Canon, PowerShot SX730 HS. Dikatakan Merry, kamera ini dihadirkan untuk orang-orang yang menggemari swafoto dan juga video blog (vlogging). Layar LCD kamera tersebut bisa ditekuk hingga 180 derajat ke atas.

“Inovasi produk juga harus terus dilakukan produsen kamera digital. Seperti yang dilakukan Canon dengan meluncurkan kamera saku untuk penggemar swafoto dan vlogging,” tuturnya.

source : beritasatu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here