Tips Pensiun Dini Serta Hidup Mapan Pada Usia Muda

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

ISTILAH pensiun sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pensiun biasanya menjadi pilihan yang tepat ketika seseorang sudah memasuki usia 55 tahunan ke atas. Namun, apa jadinya jika seseorang memilih pensiun di usia muda?

Pensiun di usia muda saat ini tengah menjadi trend di masyarakat. Sebagian orang melakukannya karena ingin lebih menikmati hidup. Akan Tetapi, keputusan untuk pensiun di usia muda memiliki banyak pertimbangan. Salah satunya adalah “apakah harta yang dimiliki sudah cukup untuk membiayai kebutuhan di masa yang akan datang?”

Banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara agar bisa pensiun dini namun tetap mapan. Mau tahu? Simak tipsnya di bawah ini.

1. Kerja Keras

Banyak anak muda yang bermimpi untuk hidup mapan. Tapi, impian tersebut tidak selalu diimbangi oleh semangat dan kerja keras. Impian tanpa tindakan sama saja bohong. Benar, tidak? Banyak orang yang berdoa dan mengharapkan mimpinya bisa tercapai setiap kali ia bangun pagi, namun tidak ada aksinya. Tentu hal yang sangat mustahil.

Agar bisa hidup mapan, Anda harus bekerja keras. Mumpung masih muda, masih banyak tenaga untuk bisa melakukan ini dan itu. Peluang untuk meraih kesuksesan juga terbuka lebar. Jangan sia-siakan masa muda dengan hidup bermalas-malasan. Lebih baik bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.

2. Lakukan Perencanaan Keuangan

Kekayaan bisa didapatkan jika Anda hidup hemat. Namun, hidup hemat bukanlah motto hidup anak zaman sekarang, khususnya anak muda. Hidup berfoya-foya alias menghambur-hamburkan uang adalah gaya hidup mereka. Kalau begini, kapan bisa mapan?

Agar bisa pensiun dini dan hidup mapan, Anda perlu melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Rencanakanlah berapa jumlah uang yang ingin dicapai dan tentukan batas waktu untuk mengumpulkannya. Dengan demikian, Anda akan semakin terlatih untuk menghitung dan menyiapkan dana sesuai kebutuhan.

3. Membuat Skala Prioritas

Banyak jenis kebutuhan yang harus Anda penuhi setiap bulannya, baik pangan, sandang, papan, maupun kebutuhan tersier. Banyaknya jenis kebutuhan ini kerap kali membuat bingung yang mana yang harus diprioritaskan. Agar gaji yang diterima per bulannya bisa awet hingga akhir bulan, cobalah untuk membuat skala prioritas. Artinya, lebih mengedepankan apa yang dibutuhkan daripada apa yang diinginkan.

4. Menabung

Menabung merupakan kebiasaan yang sudah diajarkan sejak kita masih belia. Tujuannya agar kebiasaan ini terbawa hingga besar nanti. Namun, banyak anak muda yang tidak bisa menabung. Mengapa? Banyaknya godaan di luar sana menjadi alasan utamanya. Apalagi anak muda zaman sekarang memiliki gengsi yang sangat tinggi, sudah pasti kalau gaji yang diterima setiap bulan habis untuk bersenang-senang bersama teman-temannya.

Menabung adalah rumus menjadi kaya sampai kapan pun. Anda yang ingin kaya harus termotivasi untuk menabung. Mulailah untuk menabung sejak dini agar jumlah yang dimiliki semakin menggunung. Sisihkanlah setidaknya 20% dari penghasilan bulanan untuk masuk ke dalam rekening tabungan.

5. Melakukan Investasi

Agar investasi memberikan hasil yang maksimal, jangan hanya mengikuti trend investasi saja. Namun, Anda perlu menganalisa investasi jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, perlu juga untuk mengenali diri sendiri. Jika Anda bukan termasuk orang yang risk taker, pilihlah jenis investasi seperti reksadana pasar uang dan deposito. Kedua instrumen investasi tersebut memiliki resiko yang rendah, namun return atau tingkat pengembaliannya juga rendah. Jika Anda orang yang risk taker, pilihlah jenis investasi saham dengan tingkat pengembalian yang lebih tinggi. Pertimbangkanlah kedua hal tersebut untuk mencapai tujuan pensiun dini dan mapan di usia muda.

Cari Penghasilan Tambahan

Untuk menambah pundi-pundi rupiah, Anda perlu memiliki pekerjaan sampingan. Kerja sampingan bisa dilakukan di waktu senggang, seperti weekend atau sehabis pulang kerja. Pilihlah kerja sampingan dengan waktu yang fleksibel agar Anda lebih luwes untuk membagi waktu.

Ada banyak kerja sampingan yang bisa dijadikan pilihan, seperti membuka cafe atau restoran, menyediakan jasa laundry, jasa fotokopi, dan jasa pembayaran token listrik. Lakukanlah pekerjaan sampingan ini dengan senang hati tanpa terbebani oleh apapun. Pekerjaan yang dilakukan dengan senang hati akan mendatangkan hasil yang maksimal.

Pensiun di usia dini dan mapan di usia muda adalah pilihan. Untuk bisa menggapainya, Anda tidak boleh hanya berandai-andai saja. Lakukan sekarang dan jangan menunda-nunda waktu. Good luck!

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.