Penumpang KA Diprediksi Akan Meningkat Pada Hari Ini

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Puncak arus mudik kereta api diprediksi akan terjadi pada H-2 atau Jumat (23/6) ini, dengan perkiraan jumlah penumpang yang turun mencapai 13.000 lebih.

“Secara keseluruhan, pengguna kereta mudik tahun ini naik lima persen dibandingkan tahun lalu,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Edy Koeswoyo kepada SP, Jumat (23/6).

Edy menuturkan, lonjakan jumlah pemudik mulai terlihat di Stasiun Semarang Tawang dan Stasiun Semarang Poncol. Dari data yang tercatat pada Kamis (22/6), sejumlah 12.424 penumpang turun di dua stasiun tersebut.

Khusus di Stasiun Poncol, jumlah penumpang yang naik mencapai 6.181 penumpang, sementara di Stasiun Tawang mencapai 6.243 penumpang yang turun. Sementara untuk penumpang yang naik jumlahnya 10.001 penumpang.

“Paling banyak terjadi di Stasiun Semarang Poncol dengan jumlah 6.203 penumpang, sedangkan di Stasiun Semarang Tawang mencapai 3.798 penumpang,” paparnya.

Sementara itu, selama mudik Lebaran, arus lalu lintas jalan tol Semarang mengalami peningkatan volume kendaraan.

Deputi General Manager PT Jasa Marga Cabang Semarang, Thomas Dwiatmanto, mengatakan, pada H-10 Lebaran peningkatan kendaraan sudah terasa. Saat itu, pihaknya mencatat penambahan kendaraan mencapai 26 persen dibandingkan lalu lintas hari biasa.

“Total kendaraan yang melintas berjumlah 171.425 kendaraan. Kalau lalu lintas normal periode Januari-Febuari 2017, hanya berjumlah 134.017,” ujarnya.

Thomas mengatakan, pada H-4 Lebaran, volume kendaraan mengalami peningkatan sebanyak 47 persen dengan jumlah 197.104 kendaraan. Jika dibandingkan H-4 lebaran tahun 2016, arus lalu lintas mengalami peningkatan 25 persen.

“Jumlah kendaraan yang melintas H-4 Lebaran tahun 2016 hanya berjumlah 105.087 kendaraan,” ujarnya.

Menurutnya, volume kendaraan akan terus meningkatkan. Hingga saat ini, data volume kendaraan yang melintas pada shift satu berjumlah 92.398 kendaraan.

“Bisa diprediksi, kendaraan yang melintas nanti malam mencapai 200 ribu kendaraan. Prediksi ini melebihi perkiraan awal yang hanya mencapai 180 ribu kendaraan yang melintas,” ujarnya.

Pihaknya memprediksi, puncak arus mudik akan terjadi pada H-1 Lebaran. Hal ini dikarenakan rata-rata pemudik akan melaksanakan perjalanan pada Jumat ini.

Untuk mengantisipasi, pihaknya menempatkan tiga orang di masing-masing GTO di gerbang tol Manyaran dan Tembalang untuk melakukan tapping. Selain itu, diterapkan di gerbang tol Manyaran dan Tembalang enam gardu arah mudik dan empat arah sebaliknya.

source : beritasatu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.