Inilah Bahaya Lebih Dari Psoriasis Yang Harus di Ketahui

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

Psoriasis adalah penyakit kulit yang penderitanya akan merasakan gatal, kulit bersisik, dan bahkan bisa berdarah. Penyakit kulit yang satu ini adalah penyakit kulit yang langka, karena penyebarannya hanya 1 – 2% penduduk dunia yang mengidapnya.

Psoriasis adalah penyakit kulit yang tidak menular, penyebab atau pencetus dari Psoriasis sangat beragam yaitu:

Pertama, Penyebabnya yakni Autoimun, dimana Sel-T (sel kekebalan di dalam tubuh) menjadi teraktivasi dan menghasilkan zat-zat peradangan, seperti TNF-alpha yang selanjutnya akan berinteraksi dengan sel-sel kulit, sehingga terjadi proliferasi dan diferensiasi secara abnormal pada sel kulit.

Kedua, keadaan lingkungan atau faktor tertentu juga dapat memperburuk atau mencetus Psoriasis, seperti trauma (garukan, gesekan), infeksi (kuman streptokokus, HIV), gangguan hormonal, stres emosional, obat-obatan, gangguan metabolisme, sinar matahari, alkohol dan merokok.

Ketiga, factor stres bisa jadi salah satu pemicu psoriasis. Pasalnya, psoriasis diyakini tercipta akibat kelainan autoimun yang mendorong pertumbuhan sel kulit yang tidak normal dan terlalu cepat.

Keempat, Obat : obat-obatan yang dapat memicu timbulnya psoriasis yaitu glukokortikoid, lithium, obat antimalaria, dan B blocker.

Kelima, Trauma fisik (Koebner Phenomenon), akibat gesekan atau garukan dan juga dari infeksi streptokokus dapat menyebabkan psoriasis gutata.

Ternyata Psoriasis memiliki bahaya yang lebih dibandingkan dengan efek menahun yang akan diderita oleh pengidapnya. Pasalnya, Psoriasis adalah penyakit yang tidak bisa hilang seumur hidup, dan juga pengobatan Psoriasis saat ini masih minim, karena ini adalah penyakit yang langka.

Lantas apa bahaya lebih yang terdapat pada penyakit kulit Psoriasis:

“penderita Psoriasis memiliki kemungkinan juga untuk menderita penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti penyakit Kardiovaskular, Hipertensi, Diabetes, Kanker, Depresi dan Obesitas. Oleh karena itu, pasien Psoriasis dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lengkap dan teratur, serta pengobatan sedini mungkin,” Journal of the American Academy of Dermatology (2008).

Oleh sebab itu jika terkena Psoriasis alangkah baiknya jangan pernah mengeluh. Hilangkanlah rasa stress dengan cara menghibur diri, pergi menonton, olahraga, mencari sesuatu yang baru, bersama keluarga, rekreasi, memakan makanan yang disukai dll.

source : waktuku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here