Inilah Jadwal Tepat Lakukan USG Kehamilan

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

SEMAKIN canggih alat kesehatan juga berdampak pada teknologi yang digunakan untuk periksa kehamilan. Misalnya saja dengan ultrasonografi atau yang lebih dikenal USG.

Bagi pasutri yang mendambakan momongan. Begitu istri sudah menunjukan tanda awal kehamilan, pasti sudah tidak sabar melihat kondisi si kecil di dalam kandungan. USG pun kerap jadi pilihan dan ternyata, ada waktu yang tepat kapan harus periksa USG.

“Waktu USG itu sebaiknya di awal kehamilan atau ketika sudah 2 bulan telat menstruasi. Jika hamil, berarti janin sudah masuk usia 7-9 Minggu,” kata dr. Azen Salim, Sp.OG-KFM, Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fetomaternal RS Pondok Indah, di kawasan Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Untuk melihat perkembangan janin. Sebaiknya jangan terburu-buru untuk periksa USG kembali. Biarkan si kecil tumbuh dan berkembang, lalu periksa lagi ketika usianya mencapai 11-14 Minggu.

“Ini yang paling penting. Usia 11-14 Minggu adalah jendelanya dan harus dimonitor. Adakah kelainan pada janin atau tidak. Apakah ada cacat bawaan dan lain sebagainya agar lebih cepat terdeteksi dan penanganan lebih lanjut,” tegas dr. Azen.

Kemudian datang lagi ke dokter kandungan untuk periksa si kecil jika sudah mencapai 18-24 Minggu. Dalam kondisi ini, janin sudah memiliki detak jantung dan bisa dipantau kondisi kesehatannya.

Lalu yang terakhir adalah pada usia 28-32 Minggu. Fase ini dapat dikatakan tahap terakhir dalam pemeriksaan USG untuk melihat pertumbuhan bayi apakah ada kelainan atau tidak dan menentukan proses kelahiran.

“Pentingnya USG itu untuk memantau kondisi janin. Jika sewaktu-waktu ada kelainan maka cepat terdeteksi dan bisa konsultasi agar permasalahan tidak berlanjut sampai bayi lahir bahkan tumbuh dewasa,” tandasnya.

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.