Zat Gizi yang Terdapat dalam Minyak Zaitun

0
185
zat gizi dalam minyak zaitun

Baca Berita terkini di bawahlaci.com, Kami menyediakan banyak artikel artikel menghibur, serta tips dan trik yang dapat anda coba, menambah pengetahuan anda di berbagai bidang termasuk teknologi.

TANYA:

Saya ingin menanyakan tentang manfaat minyak zaitun. Saya mendapat saran dari kakak untuk rutin mengonsumsi minyak zaitun satu sendok setiap hari. Katanya itu berkhasiat untuk mencegah penyakti jantung. Apa benar begitu dok? Terus terang saya tidak suka rasanya.

Kalau minyak zaitunnya dipakai untuk memasak, bagaimana cara yang paling tepat? Terima kasih penjelasan dokter.
Yulia (37), Semarang

JAWAB:

Dear Yulia di Semarang, terima kasih banyak untuk pertanyaannya.
Minyak zaitun dikenal juga sebagai olive oil, merupakan minyak yang didapat dari buah pohon olive, yang banyak tumbuh di daerah mediteranian.

Untuk mengetahui apa saja manfaat minyak zaitun bagi kesehatan, saya akan sajikan kandungan zat gizi apa yang terdapat dalam minyak zaitun, yaitu lemak (terutama omega 9, omega 6, omega 3 dan lemak jenuh), vitamin E, vitamin K, phenolic dan zat besi.

Dari kandungan zat gizi yang terdapat di dalamnya, tidaklah mengherankan jika minyak zitun akan memberikan banyak keuntungan kesehatan seperti :

– Mengurangi risiko kanker payudara, kanker kulit dan kekambuhannya melalui kerja dari phenolic dan vitamin E (sebagai antioksidan) yang terkandung di dalamnya.

– Mengurangi risiko diabetes tipe II dan penyakit Alzheimer.

– Kandungan lemak omega 9, 6 dan 3 akan memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar, dengan demikian dapat mencegah terjadinya stroke dan membantu mengendalikan kadar Kolesterol LDL serta meningkatkan kadarKolesterol HDL sehingga baik untuk mencegah penyakit jantung. Jadi benar bahwa minyak zaitun mempunyai salah satu khasiat untuk mencegah penyakit jantung.

– Memberikan efek positif terhadap ketebalan tulang sehingga dapat digunakan untuk mencegah osteoporosis.

– Melindungi dari kejadian depresi.

Penggunaan minyak zaitun yang terbaik tentunya tanpa dipanaskan, misalnya untuk dressing salad, campuran dalam juice atau untuk tambahan pada sayur yang sudah siap disajikan (jadi tidak masih dalam kondisi di atas api kompor).

Apabila ingin menggunakan olive oil untuk memasak/menggoreng dapat memilih EVOO (extra Virgin Olive Oil) yang dianggap cukup stabil dengan pemanasan sekitar 1700 C selama 2-3 menit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here