Liga Italia dinilai banyak orang saat ini miskin prestasi di kancah Eropa. Gelandang AC Milan, Keisuke Honda, pun melihat fenomena tersebut terjadi akibat beberapa faktor tekanan dari dalam dan luar lapangan.

Ya, belakangan liga yang kerap dianggap sebagai barometer sepakbola tersebut tak bisa berbicara banyak di kompetisi Eropa. Bahkan, Liga Italia jauh tertinggal dari Premier League dan La Liga yang kerap mendatangkan pemain bintang.

Honda mengungkapkan, klub Italia kerap dituntut menang di laga. Hal tersebut dinilai sangat sulit, karena lawan yang dihadapi juga melakukan perombakan dengan melakukan investasi besar-besaran untuk mendatangkan pemain andal.

“Untuk 10 tahun lalu Italia mendominasi Eropa. Mungkin ada beberapa faktor yang membuat prestasi mundur seperti tuntutan untuk tetap menang dan itu sangat sulit karena lawan dari liga lain juga ingin menang,” ungkap Honda dalam sesi tanya-jawab bersama wartawan, di lapangan sepakbola Pertamina Simprug, Jakarta Selatan, Sabtu (11/6/2016).

“Faktor berikutnya, liga lain juga terus berkembang seperti Premier League. Bahkan, pemain bagus rata-rata bermain di sana,” tuntas pemain kelahiran 13 Juni 1986 ini.

Source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here