Tolak Dijodohkan Oleh Orang Tua Jika…

0
326

Musim nikah? Beberapa orang tua mungkin masih mengkhawatirkan masalah jodoh anak-anaknya meskipun zaman sudah berubah. Kamu mungkin santai dalam menentukan masalah jodoh. Namun, lingkungan kadang mempengaruhimu untuk terjebak dalam pilihan yang sulit.

Fingers crossed… Married At First SightPilihan sulit muncul saat kamu ditawarkan rencana perjodohan oleh orang tuamu. ‘Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya salah langkah di masa depan’ adalah motif utama dari perjodohan. Tentu masih banyak motif lain dari upaya perjodohan. Menolak dijodohkan jadi semakin sulit jika kamu tipe orang yang sulit mengatakan ‘Tidak’.  Meski demikian, beberapa hal berikut tetaplah harus kamu pertimbangkan sebelum menerima tawaran perjodohan begitu saja.

Pilihanmu Lebih Baik

Tidak ada motivasi yang lebih menarik selain kamu sudah memiliki pilihan pendamping hidup. Motif menolak bisa jadi semakin kuat saat kamu menyadari bahwa pilihanmu ternyata jauh lebih baik dari calon yang dipilihkan orang tuamu melalui perjodohan itu.

Calon Bersikap Kasar

Tidak ada motivasi terkuat dan terlogis selain meninggalkan calon karena dia orang yang kasar. Kamu istimewa dengan segala kondisimu. Tidak ada orang lain yang berhak melukai harga dirimu.Jika dia berani kasar sebelum menikah, siapa yang bisa menjamin dia bisa berubah lebih baik saat kalian sudah menikah kelak? Lupakan soal peluang seseorang bisa berubah. People don’tchange.

Ragu

Satu hal yang harus kamu tanamkan kuat-kuat ‘Bukan kedua orang tuamu yang menjalani pernikahan. Kamulah yang akan menjalaninya’. Menikah adalah menghabiskan waktu sepanjang usia bersama seseorang. Kebahagiaan seperti apa yang bisa diharapkan dari dua orang tak sevisi.

Menikah adalah soal mewujudkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam hidup. Menikah adalah tentang memegang tanggungjawab dan mempercayakan seseorang untuk bertanggung jawab terhadap kehidupan seseorang. Menikah adalah soal pelimpahan tanggung jawab dari kedua orang tua kepada pasangan hidup anaknya.

Setelah semua hal tentang menikah disebutkan, kamu masih ingin pasrah menerima calon yang tidak sesuai? Jika salah satu bahkan ketiga kondisi di atas kamu temukan dalam sosok pilihan orang tuamu, just leave it. Kamu tidak sedang menguji keberuntungan dalam dua mata dadu. Jodoh bukan soal keberuntungan, tapi soal kemampuan dan kesiapan diri dalam memilih dan dipilih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here