Cara Memperbaiki Mental Remaja Masa Kini-BawahLaci-1

Sangat disayangkan, kecintaan remaja terhadap Tanah Air tampaknya mengalami penurunan. Kepedulian remaja terhadap lambang negara juga menurun.

Dibutuhkan cara sederhana agar remaja masa kini kembali memiliki rasa nasionalisme. Apa saja cara tepat untuk membangkitkan rasa kecintaan terhadap Tanah Air ini?

Ketua Ika Boedoet 86 Marsma TNI Ir Novyan Samyoga MM mengatakan, anak zaman sekarang dirasakan kurang kepeduliannya terhadap cinta Tanah Air. Mereka lebih tertarik nonton drama Korea.

“Ini yang tidak dimiliki sekolah umum untuk menanamkan nilai cinta Tanah Air kepada siswanya,” kata Marsma TNI Ir Novyan Samyoga, di sela acara Donor Darah SMA Negeri 1 Budi Utomo (Boedoet), di Jakarta, Sabtu (14/5/2016).

Melihat hal tersebut menurutnya, anak remaja masa kini tidak bisa diatur dengan cara kekerasan. Melainkan dengan pembimbingan.

Hal inilah yang akan dilakukan oleh ikatan alumni Boedoet dengan memberikan semacam pendidikan di luar kegiatan kurikulum untuk siswa SMA Negeri 1.

“Mereka akan kami berikan pemahaman tentang cinta Tanah Air. Sehingga kelak berperilaku baik dan berguna. Materi ini akan kami berikan pada saat MOS. Sehingga ke depan akan menjadi role model bagi SMA lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Harian Ika SMA Negeri 1 Boedoet Kol Inf Edmil Nirjamil SE MM menambahkan, alumnus harus terlibat dalam memajukan sekolah. Peran tersebut bisa dalam hal materi, bisa pula dalam hal waktu dan ilmu.

“Kami para alumnus akan mendorong ini untuk menjadikan kegiatan ekstrakurikuler. Ada pelatihan dan pengetahuan,” terangnya.

Aksi sosial donor darah merupakan bentuk pengabdian (Tribakti) Ika Boedoet 86 terhadap sekolah. Pengabdian tersebut berupa bakti kesehatan berupa donor darah, bakti sosial dalam bentuk menyantuni panti asuhan, dan bakti pendidikan berupa seminar pendidikan.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.