10 Manfaat Tidak Terduga dari Silica Gel-BawahLaci-1

1. Masukkan ke tas, bau hingga bakteri dan jamur akan hilang

Tas olahraga atau tas make up sekalipun pasti rentan terkena jamur apalagi jika diletakkan di tempat yang lembab. Nah, agar tas selalu kering dan terhindar dari bakteri dan jamur, masukkan beberapa kantung silica gel. Selain tas akan tetap kering, bau tidak sedap juga akan hilang.

2. Menyelamatkan ponsel yang basah

Ketimbang mengeringkan HP yang basah karena terkena air, mending manfaatkan silica gel saja. Letakkan di gelas atau toples penuh dengan silica gel dan masukkan ponsel yang basah ke dalamnya. Sebelumnya, lepas baterai, kartu memori dan SIM terlebih dahulu. Diamkan selama semalam dan nyalakan keesokan harinya.

3. Membuat foto-foto jadi lebih awet dan tidak lengket

Foto adalah kenangan yang tergambarkan. Kehilangan satu foto kenangan saja sudah bisa menmbulkan kesedihan yang sangat. Karena itu cara menyimpan foto sangatlah penting. Nah, untuk menyimpan foto-foto lama terutama pakailah setumpuk silica gel. Ini akan membuat foto-foto jadi lebih awet dan tidak menempel satu sama lain.

4. Menghilangkan kabut di kaca depan mobil

Menghilangkan kabut di kaca mobil tentu membutuhkan waktu. Dan tidak semua orang punya cukup waktu bukan? Letakkan silica gel di kaca depan atau di dashboard mobil untuk lebih cepat menghilangkan kabut.

5. Alat cukur jadi lebih berumur panjang

Kelembaban dan juga oksidasi menjadi alasan utama kenapa alat cukur jadi tumpul dan berkarat. Untuk mencegahnya, simpan alat cukur dengan silica gel di wadah tertutup. Letakkan di dekat tempat kamu biasa mencukur. Setelah digunakan, simpan di wadah tersebut.

6. Mengeringkan bunga dan mengawetkannya

Beberapa wanita pasti punya keinginan untuk menyimpan bunga yang diberikan oleh orang spesial. Salah satu cara yang bisakamu lakukan adalah dengan menggunakan silica gel. Buka beberapa bungkus gel lalu tempatkan pada wadah. Masukkan bunga dan simpan 3 hingga 5 hari. Bunga keringmu siap dipajang kembali.

7. Mencegah makanan binatang kesayangan dari melempem

Apakah kamu tipe yang suka membeli makanan hewan dalam jumlah banyak? Pasti kamu sering mendapati makanan hewanmu melempem karena lupa taruh atau wadah yang tidak rapat. Nah, biar tidak rugi kamu bisa meletakkan silica gel di wadah penyimpananmu. Dijamin makanan hewanmu awet dan tidak melempem.

8. Melindungi barang-barang dari perak atau perhiasan

Keadaan yang lembab bisa membuat barang-barang yang terbuat dari perak dan juga perhiasan menjadi bernoda dan karatan. Untuk mencegahnya, kamu bisa menyelipkan beberapa bungkus silica gel ke dalam kotak perhiasan atau wadah barang perakmu.

9. Menghindarkan kamera jadi lembab dan buram

Kamera yang berair atau bahkan berjamur bisa bermula dari tas yang lembab. Tentu kamu tidak ingin dong kamera yang susah payah kamu jaga rusak dan tidak bisa dipakai? Karena itu tidak ada salahnya jika kamu meletakkan beberapa bungkus silica gel di tas kamera.

10. Menjaga buku dan dokumen penting dari kerusakan

Dokumen penting seperti akte kelahiran, dokumen kelulusan dan juga buku-buku tentu memiliki umur.  Jika tidak dijaga dan disimpan dengan baik, buku dan dokumen bisa uang dan berbau tidak sedap. Untuk menghindari hal tersebut, gunakan silica gel. 

source : ngehits

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here