Beberapa Tanda Gigi Bungsu Anda Sudah Harus Dicabut-BawahLaci-1

Gigi bungsu sering kali menimbulkan keluhan di masa pertumbuhannya. Gigi bungsu, atau gigi geraham tetap yang terakhir tumbuh pada usia 17 dan 18 tahun ini biasanya mengalami gangguan pertumbuhan sehingga seseorang dapat mengalami beberapa gangguan dan gejala yang sangat tidak nyaman dan tidak baik bagi kesehatan.

Gangguan pertumbuhan pada gigi bungsu ini disebabkan olah kurangnya ruangan untuk pertumbuhan gigi tersebut. Pertumbuhannya bisa hanya setengah atau bahkan sebagian kecil saja yang muncul di atas gusi. Akibatnya, daerah sekitarnya akan terancam mengalami kelainan dan kerusakan juga.

Bila tidak ada gejala yang mengarah pada komplikasi, maka gigi bungsu masih bisa dibiarkan tanpa adanya tindakan pencabutan. Namun, hal ini tetap harus dipantau oleh dokter gigi.

Masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan oleh gigi geraham bungsu yang mengalami gangguan pertumbuhan dapat menjalar dan menimbulkan komplikasi. Komplikasi yang terjadi tidak hanya di dalam mulut, namun juga bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh, sehingga sebaiknya dicabut.

Beberapa tanda gigi bungsu ini perlu di cabut, antara lain:

• Timbulnya rasa sakit yang mengganggu

• Infeksi, seperti infeksi perikoronitis – yaitu infeksi pada gigi bungsu akibat terjebaknya sisa makanan, plak, dan kotoran lainnya di antara gusi dan gigi.

• Kerusakan gigi sebelahnya

• Kista

• Penyakit atau peradangan pada gusi

Apabila beberapa hal di atas terjadi, Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut. Pasalnya, pemeriksaan tersebut memerlukan pemeriksaan menggunakan X-Ray untuk memastikan bagian gigi yang masih berada di dalam tulang dan yang tertutup gusi. Di samping itu, pemeriksaan ini juga turut memastikan mengenai bagaimana posisi akarnya, apakah ada kelainan – seperti kista, dan apakah akar gigi berada pada daerah penting – seperti pada akar gigi bungsu rahang bawah yang terkadang masuk ke dalam sinus.

Pencabutan bisa dilakukan oleh dokter gigi atau dokter gigi spesialis bedah mulut, tergantung dari tingkat kesulitan dan keahlian dokter yang melakukannya. Namun, proses pencabutan gigi bungsu yang bermasalah ini hanya membutuhkan bius lokal dan bisa dilakukan di ruang praktik dokter tanpa membutuhkan kamar operasi. Pasalnya, pencabutan gigi bungsu yang bermasalah ini merupakan prosedur operasi kecil.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.