Selfie dilarang di mumbai

Kalau kamu ada rencana pergi ke kota Mumbai yang ada di India, sepertinya harus menahan hasrat diri untuk mengeluarkan tongsis dan selfie. Lhoh kenapa? Karena baru-baru ini, pemerintah kota Mumbai mengeluarkan larangan untuk selfie karena tingginya angka kematian warga Mumbai saat hendak selfie.

Kota yang dulunya bernama Bombay ini bahkan merilis daftar 16 area larangan selfie. Peraturan ini ditetapkan untuk mencegah orang-orang melakukan selfie dengan membahayakan diri mereka. Tak hanya itu, Mumbai juga mengeluarkan peringatan kepada orang-orang yang nekat ingin mendapat selfie sempurna meskipun nyawa adalah taruhan, seperti dilansir Metro.

Bukan tanpa alasan larangan selfie ini dikeluarkan oleh Mumbai. India sejauh ini memegang rekor sebagai negara dengan korban jiwa terbesar akibat selfie. 19 dari 49 korban tewas karena selfie di dunia sejak tahun 2014 tercatat terjadi di India, menurut Priceonomics. Bahkan Perdana Menteri India, Narendra Modi pun termasuk salah satu orang India yang cukup gemar melakukan selfie. Dalam sebuah pertemuan pemimpin negara di dunia, Modi dengan percaya diri dan cuek bebek memajang foto selfie-nya di jejaring sosial.

Dengan 1,25 miliar penduduk dan perkembangan HP yang pesat, tak heran kalau selfie memang jadi hal yang digandrungi di India. Kepolisian Mumbai memperingatkan beberapa daerah bahaya selfie seperti tepian laut dan kawasan tanpa pagar pengaman. Bagi mereka yang melanggar dan nekat selfie, bakal dijatuhi denda 1.200 rupe (sekitar Rp 235 ribu).

Sebelumnya pada awal Februari lalu dilaporkan jika seorang mahasiswa berusia 18 tahun kehilangan keseimbangannya saat selfie di atas bebatuan dekat bendungan di kota Nashik. Pemuda itu terjatuh ke air dan kemudian tenggelam bersama rekannya yang mencoba datang menyelamatkan. Lalu di bulan Januari, gadis berusia 18 tahun jatuh dan tenggelam ke laut saat selfie di benteng Bandstand, salah satu lokasi favorit turis di Mumbai.

Tak berhenti di situ, seorang mahasiswa teknik menderita luka fatal di kepala saat batu tempatnya berdiri mendadak retak dan membuatnya terjatuh. Saat itu korban sedang hendak selfie dengan teman-temannya di depan perbukitan Kolli di Tamil Nadu. Terakhir yang tak terlupakan adalah pada Januari 2014 saat tiga mahasiswa berusia 20-22 tahun tewas kala selfie dan tertabrak kereta. Ketiga korban rupanya hendak berkunjung ke Taj Mahal.

source : kapanlagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.