Apakah akhir-akhir ini kamu merasa ada sesuatu yang berubah atau aneh dari indera penglihatmu? Kesehatan mata tak bisa diabaikan begitu saja. Saat kamu merasakan sesuatu yang berbeda atau mengganggu pada daya penglihatanmu, kamu harus segera menanganinya.

Pernah dengar istilah miopi? Miopi atau rabun jauh adalah kondisi ketika kita kesulitan melihat benda-benda yang jaraknya jauh. Hal ini disebabkan oleh jarak titik api lensa mata yang terlalu pendek atau lensa mata terlalu cembung. Penderita miopi ini pun harus dibantu dengan kacamata berlensa cekung (negatif)agar bisa melihat dengan jelas.

Sekarang, yuk kita bahas tentang gejala-gejala rabun jauh. Dilansir dari myeyes.com, rabun jauh ini biasanya dapat terdiagnosis ketika seseorang berusia remaja atau belasan tahun. Faktor keturunan pun bisa jadi salah satu penyebab seseorang menderita rabun jauh.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah gejala penderita rabun jauh. Kalau kamu merasakan tanda-tanda ini, segera hubungi dokter karena kemungkinan besar kamu memerlukan kacamata minus untuk membantu penglihatanmu.

1. Benda-benda yang letaknya jauh terlihat buram.
2. Harus mengedipkan mata berulang kali agar bisa melihat lebih jelas.
3. Pusing ketika mata mulai terasa lelah (eyestrain).
4. Sulit melihat dengan jelas saat menyetir, khususnya di malam hari.
5. Selalu butuh mendekat ke layar/monitor untuk melihat gambar/tayangannya.
6. Saat membaca, buku diletakkan sangat dekat dengan mata.
7. Sulit mengenali benda-benda yang jaraknya jauh.
8. Terlalu sering dan cepat berkedip.
9. Sering menggosok-gosok mata.

Kalau kamu mulai merasakan atau mengalami gejala-gejala di atas, ada baiknya segera menghubungi dokter. Apalagi jika semakin lama daya lihatmu semakin memburuk. Mengabaikan atau membiarkan gejala tersebut makin parah juga akibatnya akan memperburuk kesehatan matamu.

source : vemale

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here