Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH) menetapkan Shanghai Tower sebagai gedung tertinggi kedua di dunia. Gedung yang telah rampung sejak akhir 2015 tersebut memiliki ketinggian 632 meter.

Seperti dilansir World Property Journal, Senin (11/1/2016), gedung tersebut menjadi gedung ketiga di dunia yang disebut “megatall” atau melebihi dari ketinggian 600 meter.

Shanghai Tower merupakan menara ketiga setelah Lujiazui Finance dan Trade Zone Shanghai yang dianggap mampu mewujudkan prototipe baru untuk gedung-gedung tinggi. Berada di dekat Jin Mao Tower dan Shanghai World Financial Center, menara baru ini merupakan yang tertinggi dengan fasad melengkung berbentuk spiral yang melambangkan kebangkitan China modern yang dinamis.

Selain memiliki bentuk yang unik, bentuk spiral tersebut merupakan terowongan angin yang mampu mengurangi 24 persen beban angin pada struktur dibandingkan dengan bangunan persegi dengan ketinggian yang sama.

Menara ini dibagi dalam sembilan zona vertikal. Masing-masing zona seperti sky lobby, merupakan sebuah atrium taman penuh cahaya yang menciptakan rasa kebersamaan dan mendukung kebutuhan sehari-hari dengan katering untuk penyewa dan pengunjung.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here