Jakarta Ketika cuaca sedang tidak menentu, banyak orang yang akhirnya jatuh sakit. Namun, ada sebagian juga yang kuat bahkan tidak tertular dari temannya yang sakit. Orang-orang seperti inilah yang disebut memiliki sistem imun atau daya tahan tubuh yang kuat. Ternyata untuk mendapatkannya, mereka memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu. Ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat, berikut caranya, seperti dikutip dari Metro, Kamis (7/1/2016).

1. Olahraga
Inilah cara untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Selain membuat berat badan tetap terjaga, olahraga juga bisa memperkuat daya tahan tubuh.

2. Vitamin D
Orang dengan daya tahan tubuh yang baik ternyata banyak mengonsumsi vitamin D seperti ikan berlemak, telur, atau suplemen vitamin D. Mereka juga rajin terkena sinar matahari yang membantu mencerna makanan-makanan tadi ke dalam bentuk vitamin D.

3. Tidur pada jam yang sama setiap harinya
Tidur cukup dan teratur adalah kunci tubuh tetap kuat dan sehat. Anda tidak harus tidur awal setiap harinya, tetapi Anda dapat memilih waktu tidur yang tepat setiap harinya.

4. Makan sayuran dan buah berwarna cerah
Sayuran atau buah-buahan hijau, merah, jingga, kuning, dan warna-warna cerah lain mengandung vitamin yang berguna untuk tubuh guna mempertahankan sistem imun yang baik.

5. Rutin rileksasi
Rileksasi dapat membuat pikiran tenang yang ternyata berhubungan dengan daya tahan tubuh yang baik. Mulai sekarang, sediakan waktu khusus untuk rileksasi mengistirahatkan pikiran Anda.

6. Mencuci tangan dengan baik

Kuman-kuman di tangan dapat menyebabkan penyakit. Jika Anda ingin tetap sehat, maka Anda perlu mencuci tangan secara rutin dengan teknik yang benar. Ini adalah untuk memastikan kuman di tangan Anda tidak cukup banyak untuk menyebabkan penyakit.

7. Menjaga kebersihan gigi
Kuman-kuman di gigi dan mulut dapat menyebabkan infeksi yang memperlemah daya tahan tubuh. Maka kebersihan mulut sangat dijaga oleh orang-orang dengan daya tahan tubuh yang kuat.

8. Tidak merokok
Rokok bisa memperlemah daya tahan tubuh. Orang yang merokok pun rata-rata lebih mudah sakit daripada orang yang tidak merokok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here