Diduga akan diperkerjakan secara ilegal di Malaysia, sebanyak 33 warga negara Indonesia (WNI) dan tiga warga negara asing (WNA) diamankan petugas Polda Sumatera Utara (Sumut), di perairan Asahan, Sabtu (9/1/2016).

Pengamanan WNI dan WNA tersebut berawal dari patroli rutin yang dilakukan petugas Dit Polair Polda Sumut, dikomandani oleh Brigadir Khoiruddin.

“Dit Polair Polda Sumut pada posisi 100 meter sebelah selatan Kuala Sei Udang, perairan Asahan, telah melakukan penangkapan terhadap satu unit kapal motor GT.10 No.7128 yang dinakhodai oleh Putra Adrianda, penduduk Tanjung Balai,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Helfi Assegaf.

Pada saat berlayar, nakhoda kapal itu tidak dilengkapi Surat Izin Berlayar sehingga ia ditahan. Saat kapalnya diperiksa, petugas menemukan 33 TKI ilegal yang terdiri dari 25 laki-laki, delapan perempuan, serta tiga WNA asal Myanmar yang terdiri dari dua perempuan dan satu laki-laki.

“WNI dan WNA tersebut rencananya akan dibawa ke Malaysia untuk dipekerjakan secara illegal di sana. Mereka diduga melanggar peraturan tentang keimigrasian,” pungkas Helfi.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here