Lokasi pembangunan pabrik pengolahan limbah yang mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3) disiapkan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Pabrik tersebut berada di kawasan Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto.

“Sudah disiapkan anggaran Rp50 Miliar untuk pembangunan pabrik pengolahan limbah B3 di Dawarblandong, Mojokerto,” kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo, Jumat (8/1/2016).

Ia menjelaskan, lokasi tersebut sudah mendapat persetujuan dari Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasha. Pakde Karwo mengaku selama ini Jawa Timur memang tidak memiliki lokasi pengolahan limbah.

Sehingga limbah B3 harus dikirim ke Bogor, Jawa Barat. Proses pengolahan limbah seperti itu membutuhkan biaya yang mahal. “Itu makanya Jatim butuh pabrik pengolahan limbah,” tuturnya.

Pakde Karwo menambahkan, nantinya sistem yang diterapkan dalam pabrik pengolahan limbah di wilayahnya adalan dengan menggunakan sistem Public Private Partnership. Itu bekerja sama dengan pihak swasta.

Sebelumnya diberitakan, Jawa Timur sedang dalam darurat limbah yang mengandung bahan berbahaya. Tercatat gelontoran limbah B3 mencapai 19,4 juta ton per tahun atau sekira 1,6 juta ton per bulan.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here