Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, pemerintah tengah menyiapkan beberapa upaya yang bertujuan mengurangi kegiatan impor bahan baku farmasi.

Saleh menyebutkan, sampai saat ini industri farmasi terus mengalami perkembangan, begitu juga dengan porsi impor yang sudah mencapai 90 persen.

“Jadi bagaimana kita mengembangkan industri yang menghasilkan bahan baku dengan sendirinya bisa kurangi impor,” kata Saleh di Kemenko Perekonomian, Jumat Malam.

Saleh menuturkan, arah pemerintah dalam mengurangi impor bahan baku farmasi salah satunya dengan membangun pabrik secara langsung di Indonesia. Di mana, bagi para investor yang komitmen membangun akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti tax holiday dan tax allowance.

“Sekarang bagaimana kita mendorong agar ketergantungan terhadap bahan baku yang selama ini kita impor bisa berkurang dan kita produksi di dalam negeri,” tambahnya.

Sampai saat ini, Saleh mengaku belum mendengar dan mendapat laporan dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) mengenai calon investor yang siap membangun pabrik farmasi di Indonesia.

“Kalau ada swasta nasional atau BUMN masuk ke hulu lebih bagus, kalu enggak kita ajak untuk asing bisa masuk lebih bagus, makin banyak makin bagus,” tandasnya.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here