Kopi memang enak diseruput, terutama di saat kita menghadapi kebosanan selama beraktivitas. Namun, bila dosisnya kelebihan, akan menimbulkan risiko berbahaya bagi tubuh Anda.

Jika Anda mengandalkan kafein agar tetap terjaga sepanjang hari, Anda tidak sendirian. Kafein digunakan oleh jutaan orang setiap hari untuk meringankan kelelahan, serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Dilansir Mayoclinic, Sabtu (9/1/2015), kafein memiliki keuntungan dan kekurangan yang menimbulkan masalah bagi tubuh manusia. Tapi, cari tahu berapa banyak dosis minum kafein, agar ramah bagi tubuh Anda.

Para ahli mengatakan, apabila Anda menyeruput kopi atau teh dengan batas hingga 400 miligram dalam sehari, tampaknya aman untuk orang dewasa. Dosis ini ada di dalam empat cangkir kopi yang diseduh.

Meskipun penggunaan kafein mungkin aman untuk orang dewasa, itu bukan minuman yang baik untuk anak-anak. Juga, bagi remaja harus membatasi diri untuk tidak mengonsumsi lebih dari 100 miligram kafein per hari.

Bahkan di antara orang dewasa, penggunaan kafein berat dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan. Minuman ini mungkin tidak menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang yang sangat sensitif terhadap efeknya, terutama jika mereka sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu yang bersifat rutin.

Bila lebih dari 400 miligram sehari, Anda dapat mengalami insomnia, gugup, gelisah, sifat lekas marah, perut, detak jantung berdebar-debar, hingga tremor otot.

Ini umum terjadi pada beberapa orang lebih sensitif terhadap kafein. Jika Anda rentan terhadap efek kafein, meski hanya secangkir kecil, dapat mendorong efek yang tidak diinginkan, seperti gelisah dan insomnia.

Faktor-faktor lain yang mungkin menyebabkan efek samping yaitu terkait berat badan, usia, penggunaan obat dan kondisi kesehatan seperti gangguan kecemasan.

Penelitian juga menunjukkan, bahwa laki-laki mungkin lebih rentan mengalami efek dari kafein daripada wanita.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here