Ibu hamil kerap mengalami masalah tulang belakang, karena membawa beban janin yang berat. Ini merupakan hal wajar, dan Anda tak perlu melakukan terapi chiropractic.

Dokter Spesialis Kandungan Prof Dr I Oetama Marsis SpOG(K) mengatakan, sejak dulu permasalahan wanita selama masa kehamilan yang paling berat adalah menderita nyeri punggung. Alasannya?

“Makin besar perut ibu hamil pasti ada beban berat, terjadilah perubahan sudut tulang punggung semakin tajam dan terasa nyeri,” ujarnya saat ditemui di Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat 8 Januari 2016.

Apalagi bagi ibu hamil yang kekurangan kalsium, tambah dia, akan menyebabkan perubahan struktur sistem tulang, karena mengalami kekurangan sel-sel tulang.

Bila rasa sakit itu tak kunjung hilang, Anda wajib konsultasi dengan dokter spesialis agar diberi obat penambah kalsium dengan dosis tepat. Jadi, bukanlah pergi ke dukun pijat atau bahkan memilih terapi chiropractic.

“Fisioterapi ringan juga dibutuhkan, caranya dengan senam hamil. Tidak diperlukanchiropractic, karena setelah melahirkan, rasa sakitnya pun akan hilang,” simpul pria yang kini menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here