Ayo Mulai Hijaukan Apartemen Anda

0
332

Jakarta – Semua orang di bumi ini sudah seharusnya mengambil langkah untuk membantu menghijaukan lingkungan. Tak perlu memaksakan diri untuk  melakukan hal yang besar, karena ternyata langkah sederhana juga bisa berpengaruh pada keselamatan bumi dan seisinya.

Misalnya, membuang sampah pada tempatnya, menghemat energi, menghemat bahan bakar minyak, termasuk menghijaukan lingkungan sekitar Anda.

Bahkan berdasarkan sebuah penelitian, mengurangi konsumsi daging dan menjadi vegetarian adalah salah satu langkah mengurangi pemanasan global. Karena, untuk menghasilkan 1 kg daging, sumber daya yang dihabiskan setara dengan 1 kg gandum.

Selain itu, peternakan juga menyumbang 18 persen jejak karbon dunia, yang mana lebih besar dari sektor transportasi (mobil, motor, pesawat, dan lain-lain).

Tak hanya itu, bahaya gas rumah kaca tambahan yang dihasilkan oleh aktivitas peternakan lainnya adalah metana, yang notabene 3 kali lebih berbahaya dari CO2 dan gas NO yang 300 kali lebih berbahaya dari CO2.

Bagi Anda yang tinggal di apartemen, jangan dikira tidak memiliki peran untuk ikut menjaga keselamatan bumi ini. Seperti ditulis Rumah.com, Sabtu (9/1/2016) ternyata ada beberapa tips mudah untuk menghijaukan apartemen plus menghemat pengeluaran Anda. Yuk, simak tipsnya:
Mengontrol udara dengan thermostat

Salah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk menjaga bumi ini adalah menghemat energi. Pada umumnya, heater dan AC akan memakan anggaran Anda sekitar 50 persen di setiap bulannya.

Untuk itu pertimbangkan kehadiran thermostat sebagai bagian dari ruang apartemen Anda. Tujuannya jelas untuk mengontrol suhu yang dihasilkan pemanas dan pendingin ruangan Anda.

Andrea K. George, director of the Sustainability and Environmental Management Office at Vanderbilt University, mengungkapkan suhu yang normal adalah 76-78 derajat saat cuaca hangat, dan 68 derajat saat cuaca dingin.
Jangan melupakan konsep 3R

Ruang penyimpanan selalu menjadi masalah utama bagi Anda yang gemar berbelanja dan menumpuk banyak barang. Dan salah satu cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menerapkan skema 3R yakni reduce, reuse, recycle.

Contohnya, gunakan kembali kemasan atau wadah yang telah kosong untuk fungsi yang sama atau fungsi lainnya seperti botol bekas minuman digunakan kembali menjadi tempat minyak goreng.
Selalu cek keran air

Menurut United States Geological Survey Water Science School, 4.000 tetesan air dari keran yang bocor setara dengan 1 liter air yang terbuang percuma. Karena itu, beberapa ahli menyarankan untuk mengganti keran air dengan shower yang dirasa lebih efisien dalam menghemat sumber daya air.
Singkirkan penghisap energi

Langkah keempat yang harus Anda patuhi adalah menghemat energi di dalam ruang apartemen. Caranya pun sangat mudah, hanya dengan menggunakan lampu hemat energi seperti lampu neon. Selain itu, manfaatkanlah sinar matahari sebagai penerang alami yang optimal.

Kurangi intensitas Anda saat membuka lemari es dalam upaya menghemat energi. Karena, setiap menit yang Anda lakukan untuk membuka pintu lemari es, akan diperlukan waktu hingga 3 menit full energi guna mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.

Maksimalkan balkon apartemen

Anda memiliki balkon di apartemen, namun hanya digunakan sebagai ruang berjemur? Kenapa tidak mencoba untuk mengubahnya menjadi sebuah taman mini di dalam ruang apartemen.

Isilah beberapa pohon bonsai seperti asam jawa, beringin ampelas, atau black pine yang bisa memberikan kesejukan dan kehijauan alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here