Bagi Anda yang suka memancing, pastinya jika mendapatkan ikan yang banyak dengan mudah tentu sangat menyenangkan. Namun terkadang hasil tangkapan ikan tak memenuhi harapan yang kemungkinan ada faktor kenapa ikan tidak mau memakan umpan kita. Namun kini ada cara mudah mendapatkan ikan yang lebih banyak dengan teknologi satu ini.

Mengutip laporan dari Tekno Preneur, cara mudah menarik perhatian ikan yakni menggunakan alat yang disebut LEDIKAN. Alat tersebut merupakan atraktor buatan yang dioperasikan di dalam air dengan mengkombinasikan pola cahaya. LED digunakan untuk menarik perhatian ikan yang suka terhadap cahaya di malam hari. Ikan-ikan yang sudah terkumpul di sekitar cahaya LED, kemudian dengan mudah dapat ditangkap dengan kail pancing atau menggunakan jaring.

Hal ini dapat terjadi karena ikan-ikan bersifat fototaksis terhadap cahaya. Pada kedalaman tertentu, ikan memiliki fisiologis mengenal karakteristik spektralnya untuk mendapatkan makanan. Sedangkan, karakteristik spektral sendiri sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya warna cahaya, gelap dan terangnya cahaya.

Teknologi ini menggunakan light emitting diode, yakni sirkuit semikonduktor yang dapat memancarkan cahaya ketika listrik mengalirinya. Teknologi ini berbeda dengan filamen yang harus dipijarkan (dibakar) dahulu agar dapat menghasilkan cahaya. berbeda dengan lampu konvensional yang menghasilkan panas, lampu LED memancarkan cahaya dari aliran listrik, sehingga lampu tidak menghasilkan panas.

Hal itu lah yang menjadikan LED sangat populer digunakan saat ini karena tidak menghasilkan panas seperti lampu pijar yang tersbuat dari bahan logam halida. Dalam dunia perikanan sendiri kini telah mendapatkan inovasi baru melalui keterpaduan perancangan elektronik light emitting diode (LED).

Rancangan tersebut dapat menghasilkan beragam variasi warna cahaya lampu LED dari gabungan, yaitu led putih, biru, hijau dan kuning. Berbekal bantuan atraktor buatan, para nelayan dapat mengumpulkan ikan pada malam hari dengan mudah. Gabungan cahaya-cahaya tersebut dapat menarik ikan-ikan untuk mendekati warna cahaya LED. Alat ini sendiri disebut light emitting diode interaktif ikan anti air yang disingkat menjadi LEDIKAN.

LEDIKAN sendiri terdiri dari 7 bagian, yaitu kerangka, tali, bodi, LED, ikan mainan, komponen elektronik, dan  warna cahaya LED. Pengoperasian alat ini dapat dioperasikan dengan cara manual maupun digerakan oleh mesin penggerak secara otomatis. Dengan demikian, alat dapat digunakan pada saat malam hari dengan waktu mengumpulkan ikan lebih cepat.

Alat ini sendiri kini telah diuji di perairan Sulawesi untuk membantu para nelayan agar dapat menangkap ikan yang lebih banyak. Setiap warna yang dihasilkan dapat menarik beragam jenis ikan yang berbeda-beda.

Contoh spektrum cahaya berwarna merah dan kuning dapat menarik cumi-cumi dan bibit ikan. Warna biru untuk ikan teri dan ikan layang. Warna hijau bercampur kuning untuk memancing bibit udang. Dan spektrum tosca untuk memancing ikan layur dan ikan kembung.

source : beritateknologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here