SERANGAN jantung adalah satu-satunya penyakit yang mengakibatkan kematian singkat. Namun, dapatkah kedatangannya diprediksi dengan mudah?

Berdasarkan data statistik terbaru di dunia menunjukkan, ada sekitar 300 orang yang meninggal karena serangan jantung di setiap 5 menit dalam sehari. Ini disebabkan oleh pola hidup manusia yang sembarangan, sehingga serangan penyakit mudah datang kapan saja.

Bahkan, beberapa peneliti dunia melakukan studi tentang munculnya serangan jantung, apakah dapat diprediksi. Studi ini menguji helai rambut manusia selama satu tahun.

Tes ini dilakukan untuk menentukan hormon stres kortisol, yang merupakan satu-satunya penyebab serangan jantung. Jika hormon ini banyak ditemukan di rambut adalah indikasi jelas, bahwa seseorang berisiko kena serangan jantung.

Hormon kortisol biasanya dikeluarkan selama masa stres yang tinggi. Hormon ini ditemukan dan dapat diukur dalam darah, urin, dan rambut.

Para ilmuwan mengungkap, bahwa rambut di kepala Anda tumbuh lambat, rata-rata sekitar satu sentimeter per bulan untuk manusia normal. Oleh karena itu, untuk rambut enam sentimeter panjang, sampel itu dapat benar-benar menunjukkan jumlah kadar kortisol selama periode waktu enam bulan.

Namun, meskipun ini sangat menjanjikan, tidak ada tanda yang jelas bahwa ini merupakan jaminan memprediksi serangan jantung di awal.

Di sisi lain, dinyatakan bahwa jika tingkat hormon sangat tinggi, salah satu dapat menemukan cara untuk mencegah stres, sehingga Anda dapat menjaga masalah kesehatan lainnya, selain serangan jantung. Demikian dilansir Boldsky, Rabu (6/1/2016).

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here