NVIDIA baru saja mengumumkan suatu produk yang disebut bisa mendorong pengembangan mobil otomatis. Produk tersebut adalah sebuah supercomputer berukuran mungil, hanya seukuran kotak makanan, yang ditujukan untuk memproses kecerdasan buatan sebuah mobil otomatis. Produk tersebut disebut sebagai NVIDIA DRIVE PX 2.

DRIVE PX 2 dibekali prosesor hingga 12 core, dengan dua GPU Pascal, yang disebut bisa menghasilkan kemampuan proses mencapai 6 TFLOP/s. Kemampuan proses yang cukup tinggi untuk ukuran sebuah supercomputer mungil memungkin pengembangan kemampuan deep-learning di suatu mobil otomatis. Nantinya, kemampuan tersebut akan menghasilkan kapabilitas pengenalan lingkungan yang lebih baik di sebuah mobil otomatis, termasuk untuk pengenalan lingkungan sekitar yang lebih dinamis.

Supercomputer mungil ini bisa dipesan oleh produsen mobil yang berminat dengan spesifikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kemampuan proses masing-masing. DRIVE PX 2 ini, dikombinasikan dengan paket NVIDIA DriveWorks, diharapkan bisa mendorong pengembangan mobil otomatis ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Perangkat ini sendiri akan tersedia menjelang akhir tahun 2016 ini.

Perangkat DRIVE PX 2 ini merupakan pengembangan lanjut dari solusi serupa yang sudah dihadirkan NVIDIA sebelumnya, yaitu DRIVE PX yang diperkenalkan di pertengahan tahun 2015 lalu. Hingga saat ini, perangkat itu sudah digunakan oleh 50 pihak yang terkait dengan pengembangan mobil otomatis. Melihat kebutuhan yang ada, NVIDIA mencoba menawarkan perangkat berkemampuan yang lebih tinggi untuk membawa kemampuan lebih ke mobil otomatis dalam DRIVE PX 2 ini.

source : jagatreview

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here