Vendor otomotif terkemuka asal Jepang, Honda, diketahui mulai melebarkan sayap ke pasar kendaraan udara, dalam hal ini jet ringan pribadi. Dan kini menurut laporan terbaru, Honda sudah mulai mengapalkan jet pertamanya yang disebut dengan HondaJet secara resmi. Pendistribusian pertama jet ringan eksekutif ini secara seremonial dilakukan di kantor pusat dunia Honda Aircraft Company di Greensboro, Carolina Utara.

Honda pertama kali mengumumkan produksi pesawat jet pribadinya ini pada satu setengah tahun yang lalu, ditandai dengan uji terbang pertama dari pesawat buatannya tersebut. Dan kini distribusi pesawat jet ringan tersebut mulai dilakukan setelah dua minggu sebelumnya HondaJet menerima sertifikasi tipe dari US Federal Aviation Administration. Honda sendiri mengklaim pesawat terbang mungilnya ini adalah tercepat di kelasnya dengan kecepatan 420 knots atau 483 mph dan juga paling efisien.

Perusahaan juga mengunggulkan performa dan efisiensi HondaJet dari konfigurasinya, dengan mesin yang dipasang di atas sayap dengan ‘aliran laminar yang alami’ dan badan pesawat yang terbuat dari materi komposit yang ringan dan bukan dari aluminium. Desain ini disebut sebagai kombinasi dari struktur integral co-cured dan struktur sandwich honeycomb, ini memberikan dampak pada ruang kabin yang lebih luas, performa lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih besar.

Untuk membuat mesin HondaJet, Honda bekerja sama dengan GE dimana masing-masing memiliki kemampuan 2050 pund-kaki dari dorongan yang tidak diinstal. HondaJet memiliki ukuran panjang 12.99 m dengan lebar sayap 12.12m dan tinggi 4.54 m. Di bagian dalam bisa dikonfigurasikan untuk bisa menampung lima atau enam penumpang dengan ruang interior selebar 5.43 x 1.52 m serta 1.47 m dari ruang kepala sehingga membuatnya jadi lebih tinggi dan luas dibanding kompetitor laindi kelas yang sama.

Honda Jet diproduksi di Carolina Utara dan untuk tahap pertama Honda berencana menyasar pasar jet ringan di kelas yang lebih rendah, menawarkan pesawat tersebut untuk dijual di Amerika Utara, Amerika Serlatan dan Eropa melalui jaringan dealer dan para pilot yang sudah dilatih dikantor pusat Honda.

source : jagatreview

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here