Teknologi VR yang tengah semakin marak saat ini memang menarik untuk disimak. Apalagi, Google juga turut berpartisipasi dalam pengembangan teknologi VR dengan menyediakan Google Cardboard, headset VR versi “murah” untuk semua orang bisa menggunakannya.

Berbagai orang telah menuai kreativitas dengan memanfaatkan teknologi VR tersebut, dan dokter di Florida ini tidak terkecuali. Pasalnya, ia melakukan pemeriksaan jantung pasien anak bayi usia 4 bulan dengan menggunakan Google Cardboard.

Dr. Juan-Carlos Muniz, kepala dari departemen MRI Nicklaus Children, memutuskan untuk mengubah proses pemindaian 2D dari jantung pasien menjadi gambar stereoskopik, di mana kemudian gambar tersebut dimasukkan ke dalam iPhone dan diletakkan di dalam Cardboard. Dengan demikian, Dr. Redmond Burke yang merupakan kolega sekaligus ahli bedah cardiovascular mampu melihat seperti apa kondisi jantung pasien bayi bernama Teegan Lexcen tersebut. Dikatakan, pengalamannya sama seperti tengah berada di dalam ruang operasi.

Setelah mengetahui kondisi jantung Teegan melalui pengalaman VR tersebut, maka sang dokter pun mengetahui pula apa yang harus ia lakukan ketika operasi dimulai untuk mencegah kesalahan bedah. Operasi terhadap bayi Teegan dua minggu setelah pemeriksaan tersebut dinyatakan berhasil, dengan proses operasi memakan waktu hingga 7 jam.

source : jagatreview

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here