Harga resmi produk Apple, iPhone dan iPad, ternyata lebih tinggi di Jerman bila dibandingkan di negara-negara lain. Apple memang baru saja mengubah harga produk iPhone dan iPad mereka menjadi lebih tinggi di negara tersebut pada tanggal 1 Januari kemarin. Hal itu dilakukan karena kebijakan baru dari pemerintah Jerman terkait hak cipta.

Apple-Tim Cook-China-problemas-iphone-ipad-2

Sejak tanggal 1 Januari kemarin, harga varian iPhone di Jerman naik €5 (sekitar $5.45) dan iPad naik €8 ($8.69). Hal itu disebabkan karena pemerintah Jerman memang meminta seluruh produk smartphone dan tablet dijual dengan disertai biaya hak cipta untuk royalti musik. Sebagai perusahaan yang menjual produk smartphone dan tablet di Jerman, Apple harus menaati peraturan tersebut.

Biaya hak cipta dikenakan ke produk smartphone, tablet, dan beberapa jenis produk elektronik lain karena perangkat-perangkat tersebut digunakan untuk menyimpan musik. Nantinya, biaya hak cipta tersebut akan diserahkan sebagai royalti ke industri musik. Jeman sendiri memang memperbolehkan penduduknya mengkopi file musik antar perangkat mereka selama itu digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Selain Jerman, beberapa negara di daerah Eropa juga menerapkan kebijakan serupa. Namun, untuk awal tahun 2016 ini, Jerman-lah yang mulai menerapkan kebijakan tersebut. Harga jual perangkat iPhone dan iPad pun meningkat karena mulai berlakunya kebijakan tersebut.

source : jagatreview

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here