Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan tahun ini Indonesia dapat swasembada beras. Untuk mencapai target tersebut Kementerian Pertanian (Kementan) akan mencetak 200 ribu hektar sawah sepanjang 2016.

Namun, sebelum mencapai target tersebut, saat ini pihaknya tengah fokus untuk memenuhi kebutuhan beras di awal tahun. Beberapa daerah yang akan panen pada Februari mendatang menjadi perhatian pemerintah saat ini.

“Jadi kita akan memasuki musim panen pada bulan Februari. Jumlahnya sekitar 1 juta hektar atau 6 juta ton,” ujarnya di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Rabu (6/1/2016).

Amran melanjutkan, terdapat lima daerah yang menjadi andalan pemerintah untuk mencukupi produksi beras di awal tahun.

“Ada lima daerah yang akan mengalami musim panen pada Februari. Jawa Timur, Jawa Berat, Jawa Tengah, Aceh, dan Sulawesi Utara,” jelasnya.

Kelima daerah ini diharapkan dapat menjadi lumbung padi nasional pada awal tahun 2016. Sehingga, beras impor yang saat ini hanya diperuntukkan sebagai cadangan pangan nasional tidak akan dijual kepada masyarakat.

“Selama ini kita tidak menjual beras impor. Itu hanya untuk cadangan. Jadi kita tetap menggunakan produksi dalam negeri. Produksi lokal,” tukasnya.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here