Jakarta Jangan sepelekan kebiasaan duduk si kecil bila posisinya menyerupai huruf ‘W’. Sebab postur ini ternyata berbahaya bagi perkembangan anak dan menyebabkan masalah ortopedi.

Seperti dikutip laman berita The Sun, Kamis (31/12/2015), dalam sebuah video yang diunggah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang terapi kesehatan fisik, Movement Rx, Dr Claudia Chaloner menerangkan bagaimana kebiasaan duduk dengan pose ‘W’ tak hanya dapat memengaruhi pinggul tapi juga lutut, pergelangan kaki sehingga menghambat perkembangan otot postural.

“Posisi duduk ‘W’ akan menyebabkan penundaan otot postural sehingga memengaruhi keseimbangan atau stabilitas inti yang kita butuhkan, terutama ketika kita tumbuh dewasa saat akan melakukan angkat berat atau olahraga tertentu,” katanya.

Dia juga menjelaskan, bagaimana duduk dalam posisi ‘W’ menyebabkan tekanan berlebihan pada sendi pinggul dan mengaktifkan otot inti di perut untuk menjaga postur tegak.

“Duduk dalam posisi ‘W’ juga dapat menyebabkan kelemahan sendi, dan menghambat bukan hanya¬†otot-otot postural tapi juga keterampilan motorik, koordinasi dan keseimbangan,” ujarnya.

Chaloner menambahkan, akan lebih baik bila anak-anak duduk dalam posisi bersila atau duduk dengan kaki agak menyamping. “Kami harap orangtua dapat membimbing anak-anaknya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here