Sakit kepala bisa menjadi menakutkan bila terjadi di tengah-tengah kesibukan tertentu Anda secara tiba-tiba. Sementara itu, sakit kepala bisa disebabkan berbagai hal yang mungkin Anda sepelekan atau tidak Anda sadari sedang terjadi di tubuh Anda.

Berikut beberapa alasan yang mungkin menjelaskan penyebab Anda mengeluhkan sakit kepala, sebagaimana dilansir dari Newshealth, Kamis (31/12/2015).

-Detak jantung tidak teratur

Menurut Mayo Clinic, seperempat dari semua episode sakit kepala berhubungan dengan ritme jantung abnormal. Kondisi yang disebut Arrhythmia terjadi ketika detak jantung terlalu cepat (lebih dari 150 per menit), kata Dr Lai-Becker.

Ketika ini terjadi, jantung Anda tidak memungkinkan periode relaksasi yang cukup untuk mengirim darah ke seluruh tubuh sampai ke kepala Anda. Walau arrhythmia tidak selalu serius, ini bisa menjadi tanda adanya masalah lain yang perlu pengobatan lebih lanjut.

-Anda belum makan

Lapar bisa menjadi alasan Anda alami sakit kepala. Ini mungkin terdengar sepele, tapi jika Anda tidak makan beberapa lama, tidak akan ada energi yang dikirim ke otak Anda. Penurunan gula darah juga sebabkan sakit kepala karena otak Anda kehilangan sumber energi utama, yaitu glukosa.

Untuk mereka yang mengalami diabetes dan hipoglikemia atau gula darah rendah, kondisi tersebut bisa sebabkan reaksi ekstrim seperti koma. “Bagaimanapun, rerata orang yang bukan diabetesi bisa alami tubuh gemetar dan berkeringat, bahkan sakit kepala jika mereka tidak makan cukup,” kata Dr Lai-Becker.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here