Jakarta Ketika ingin menurunkan berat badan beragam cara dilakukan. Salah satunya lewat penghitungan. Baik menghitung jumlah kalori, gula, garam yang masuk ke tubuh hingga frekuensi olahraga.

Namun baru-baru ini ada sebuah temuan menarik dan mudah untuk turunkan berat badan. Ternyata dengan menghitung setiap gigitan makanan per hari mampu bantu menurunkan berat badan rata-rata hingga 1,6 kg.

Peneliti dari Department of Health Science, Brigham Young University Amerika Serikat meminta 61 partisipan terlibat dalam penelitian ini. Pada minggu pertama mereka diminta untuk menghitung dan melaporkan berapa gigitan makanan per hari kemudian ditotal per minggu. Kemudian, empat minggu sesudahnya partisipan diminta untuk mengurangi 20-30 persen gigitan makanan.

Hasilnya dari 61 partisipan ada 41 orang yang berhasil melakukan sesi penelitian ini. Rata-rata berat badan mereka turun 1,6 kg seperti dikutip laman MedCraveonline, Kamis (17/12/2015).

Penurunan berat badan ini terjadi hanya dengan pembinaan minimal, tidak ada perubahan jadwal mereka berolahraga atau pun perubahan makanan.

“Namun tetap saja butuh penelitian lanjutan untuk menentukan apakah metode penurunan berat badan ini bisa berlaku bagi populasi yang lebih besar. Lalu penting juga untuk mengetahui mengenai gizi makananan untuk dimasukkan dalam metode diet dalam gigitan ini,” tulis peneliti dalam studi yang dipublikasikan pertengahan tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.