Bersyukur Bisa Membuat Jantung Lebih Sehat

0
433

SEBUAH penelitian mengungkapkan, bersyukur mampu menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan oleh sikap yang positif seperti bersyukur dinilai akan mengurangi depresi.

“Sikap mental yang baik seperti selalu bersyukur akan mengurangi level depresi, stres dan kecemasan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung,” papar profesor kedokteran keluarga dan kesehatan masyarakat di University of California San Diego School of Medicine, Paul Mills.

Dilansir dari Health, Mills telah melakukan penelitian mengenai hubungan antara perilaku baik dengan kesehatan jantung terhadap 186 pria dan wanita dengan usia 66 tahun. Usia tersebut dinilai sudah memiliki banyak pengalaman kehidupan.

Selanjutnya responden diminta mengisi kuesioner mengenai rasa syukur mereka terhadap orang-orang, tempat mereka dan seluruh kehidupan mereka. Hasil penelitian ini pun menunjukkan tingkat inflamasi yang lebih rendah pada partisipan yang memiliki sikap lebih banyak bersyukur.

Seperti diketahui, rendahnya tingkat inflamasi merupakan tanda kesehatan jantung yang lebih baik. Mills pun melanjutkan penelitiannya dengan menguji 40 pasien peyakit jantung dan mencatat peradangan dan irama jantung. Selanjutnya, setengah pasien diminta menulis mengenai dua hal yang mereka syukuri selama seminggu.

Respoden juga menulis apa yang mereka miliki, seperti anak, pasangan, teman, hewan peliharaan, perjalanan, pekerjaan dan makanan yang lezat. Setelah dua bulan, Mills menguji ulang partisipan tersebut. Ia pun menemukan aktivitas menulis mampu mengurangi tingkat peradangan dan irama jantung membaik.

“Fokuslah pada apa yang Anda miliki, bukan kepada apa yang tidak Anda miliki. Itu akan membantu Anda bersyukur. Rasa syukur akan membantu kita mengelola emosi dan menjaga jantung kita tetap sehat,” tuturnya.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.