Tips Hemat Paket Data dan Baterai dengan Opera Max

0
359

JAKARTA – Jumlah aplikasi mobile berkembang sangat cepat seiring dengan pertumbuhan pengguna smartphone. Tak jarang, pengguna handset kehabisan kuota internet karena banyaknya aplikasi yang mengonsumsi data.

Namun, Opera Max menerangkan penawaran solusi untuk menghemat paket data pengguna dengan mudah sekaligus baterai perangkat pada Selasa (1/12/2015). Bagaimana caranya?

1. Unduh Opera Max di Google Play

Pengguna Android bisa mengunduh aplikasinya di toko secara gratis. Beberapa seri perangkat Xiaomi, Evercoss, Samsung, dan 11 vendor lainnya telah mendapatkan aplikasi ini secara pre-installed.

2. Setelan

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Opera Max. Selanjutnya, pengguna akan melihat tampilan “start saving“. Tekan tombol “connect” yang artinya Anda setuju menghubungkan Opera Max Cloud untuk mengompresi data dan pengaturan aplikasi.

Selanjutnya, pengguna bisa mulai memilih aplikasi apa saja yang ingin dikompresi datanya. Klik “full list” untuk melihat daftar aplikasi yang bisa dikompresi. Data yang Anda akses sudah terkompresi secara otomatis setelah ini.

3. Mengatur kompresi

Opera Max memiliki mode “High” untuk kualitas gambar, video dan musik. Anda tinggal mengatur seberapa banyak data yang ingin dikompresi dengan menggeser-geser mode “High” tersebut. Caranya, klik bagian pojok kiri lalu klik “setting” >>> “mobile savings” dan “Wi-Fi savings”.

Opera Max bisa mengkompresi baik dari data plan pengguna sendiri atau dari wifi. Tujuannya adalah mendapatkan dan mengirimkan informasi lebih cepat dengan data yang lebih ringan.

Kendati demikian, aplikasi ini tidak mengompresi data untuk game online, Opera Browser dan download ZIP.

4. Pengaturan Aplikasi

Buka bagian kiri atas menu Max lalu klik “app management“. Untuk Android Lollipop, Anda akan diarahkan ke pengaturan (setting) untuk memperbolehkan Max mengakses data aplikasi, lalu klik boleh (allow). Selanjutnya, pengguna bisa memilih aplikasi mana saja yang tidak ingin dikompresi sama sekali datanya oleh Max dengan cara mengekliknya.

5. Hemat Baterai

Dengan menggunakan Opera Max, data yang masuk ke smartphone pengguna akan lebih sedikit karena data “mampir” terlebih dahulu ke server Opera untuk dikompres. Karena data yang diakses tidak “banjir” terus-menerus, maka konsumsi baterai diklaim akan hemat secara otomatis.

6. Memonitori konsumsi data

Pengguna Opera Max akan mendapat sajian data berupa timeline untuk melihat seberapa banyak konsumsi data yang telah dihabiskan perangkatnya. Selain itu, aplikasi ini juga menunjukkan berapa jumlah data yang telah dihematnya dalam jangka waktu tertentu.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.