Rusia Ingin PBB Tindak Tegas Pendanaan Teroris

0
371

NEW YORK – Rusia ingin secepatnya menyelesaikan draf usulan resolusi kepada Dewan Keamanan PBB. Dalam draf tersebut, Negeri Beruang Merah berharap PBB melakukan tindakan tegas untuk menyetop aliran dana kepada teroris, terutama kelompok militan ISIS.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin. Draf usulan itu merupakan tindak lanjut dari resolusi serupa pada Februari 2015 untuk menghentikan perdagangan minyak ilegal, perdagangan barang antik, dan uang tebusan tahanan yang merupakan cara-cara kelompok militan mencari dana.

“Kami sedang mengerjakannya. Resolusi itu segera kami bagikan ke semua anggota Dewan Keamanan PBB secepatnya,” ujar Churkin, seperti diberitakan New York Times, Rabu (2/12/2015).

Usulan Moskow tersebut disambut baik oleh Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Samantha Power. Perempuan 45 tahun itu menyebut apa yang dilakukan Rusia sejalan dengan apa yang sedang diperjuangkan AS.

Anggota Dewan Keamanan PBB juga akan membahas sanksi baru yang akan diberlakukan bagi Al Qaeda dan ISIS. Power menyebut akan melihat terlebih dahulu apakah resolusi dari Rusia dan sanksi yang akan dibahas itu bertentangan atau dapat berjalan beriringan.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.