Menkes Diminta Atasi Kasus 41 Anak Papua Tewas Misterius

0
384

JAKARTA – Sudah lebih dari sebulan ini sebanyak 41 anak di Distrik Mbuwa, Kabupaten Nduga, Papua meninggal dunia secara misterius akibat diserang penyakit.

Atas kejadian ini, pemerintah didesak untuk segera mengambil langkah cepat mencegah dan menghentikan penyebaran penyakit mematikan tersebut.

“Kasus ini agak aneh. Walau anak yang meninggal sudah mencapai puluhan orang, penyebabnya belum diketahui. Padahal kejadian ini sudah terjadi dalam satu bulan, dari pertengahan Oktober sampai pertengahan November 2015,” kata Ketua Komisi VIII DPR-RI, Saleh Partaonan Daulay, Rabu (2/12/2015).

Ia sangat kecewa dengan langkah Kementerian Kesehatan dalam hal ini Menteri Kesehatan Nila Djuwita Anfasa Moeloek yang dinilai lamban menangani kasus kematian puluhan bocah di Papua.

Padahal Kementerian Kesehatan bisa mengambil langkah secepatnya setelah mengetahui kabar itu dari Dinas Kesehatan di Papua dan informasi dari media.

Tidak hanya Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Sosial yang memiliki keterkaitan dengan persoalan itu tentunya secara langsung harus ikut mengatasi persoalan yang ada.

Menurutnya, jika kasus kematian puluhan anak di Papua ini tidak segera ditangani, dikhawatirkan akan semakin meluas. Pemerintah perlu membentuk tim khusus untuk meneliti apa sesungguhnya yang terjadi. Dengan demikian, penanganan terhadap kasus itu dapat dilaksanakan dengan baik.

“Pemerintah harus menunjukkan keberpihakan pada masa depan anak-anak Indonesia, khususnya yang ada di Papua. Untuk itu, kita menunggu langkah-langkah konkrit yang akan dilakukan pemerintah,” jelasnya.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here