Perketat Izin Air Softgun dan Tingkatkan Razia

0
279

MEDAN – Ketua Komisi A DPRD Medan, Roby Barus meminta kepada pihak Polresta Medan, Sumatera Utara (Sumut), lebih memperketat lagi pengawasan peredaranreplika senjata api (senpi,red), baik yang resmi maupun ilegal.

Pasalnya, keberadaan senpi replika tersebut dikhawatirkan dapat disalahgunakan oleh pemiliknya dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Hal itu ia tegaskan, rentannya penyalahgunaan senpi replika di masyarakat, seperti penembakan tiga wartawan online dan beberapa waktu lalu adanya penarik becak bermotor (betor) yang menjadi korban penembakan di Jalan Iskandar Muda, Medan.

“Kalau tidak adanya pengawasan, maka dengan mudah replika ini disalahgunakan oleh pemiliknya. Sebab, seseorang yang memiliki replika senpi, diyakini akan bersikap arogan,” ungkapnya, Selasa (1/12/2015).

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, saat ini Polresta Medan terfokus pada razia narkoba saja. Padahal, senpi replika ini juga penting untuk ditelusuri peredarannya. Sebab, pelaku kriminal sering menakut-nakuti korbannya dengan senpi replika tersebut.

“Kami sarankan, perketat lah perizinannya. Jika izin yang dikeluarkan hanya untuk latihan, maka tidak dibenarkan dibawa keluar lokasi latihan. Tapi kalau ilegal, sudah jelas ada peraturan yang mengatur soal keberadaannya,” pungkasnya.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.