Jaringan 4G LTE TDD 2300 MHz Indosat Ooredoo Siap Meluncur Awal Tahun 2016

0
277

Seperti yang kita ketahui, operator lokal Indonesia mulai mengkomersialisasikan jaringan interner super cepat 4G LTE. Salah satu operator yang sedang gencar menghadirkan layanan 4G ke konsumen adalah Indosat Ooredoo. Kini operator seluler yang baru saja berganti nama itu telah menjalankan 4G FDD (Frequency Division Duplex) di frekuensi 900 MHz dan 1800 MHz.

Sama halnya dengan operator seluler lain, Indonsat Ooredoo juga menerapkan teknologi carrier aggregation agar dapat menunjang pengalaman konsumen yang dapat menikmati kedua kanal data tersebut secara optimal.

Namun dengan siring menjamurnya smartphone berteknologi 4G yang kian hari semakin murah saja, hal ini mendorong tingkat penggunaan data pelanggan Indosat Oordoo juga ikut meningkat. Berdasarkan laporan kuartal ketia 2015, pelanggan Indosat Ooredoo kini telah menyentuh angka 33 juta pelanggan yang diiringi dengan peningkatan traffic data sebesar 155% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penggunaan data yang semakin meningkat itu, kini perusahaan akan mulai menerapkan jaringan 4G LTE di frekuensi 2300Mhz atau menggunakan teknologi TDD (Time Division Duplex) seperti yang digunakan operator seluler Smartfren.

CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli sendiri mengatakan bahwa perusahaan yang ia pimpin itu sedang mengembangkan LTE TDD 2300 MHz yang kini lisensi jaringan tersebut masih dipegang oleh IM2. Ia juga mengatakan bahwa jaringan ini akan mulai diluncurkan pada tahun 2016 mendatang.

Dengan melebarkan sayapnya ke frekuensi yang lebih lebar, Indosat Ooredoo siap bersaing dengan operator seluler yang telah berjalan pada frekuensi 2300 MHz seperti Smartfren dan Bolt. Dan khusus pada jaringan 4G LTE TDD ini, Indosat Ooredoo akan memfokuskan pada pelayanan akses data. Bahkan Indosat Ooredoo akan menggandeng Huawei untuk vendor jaringan 4G LTE 2,3GHz.

source : beritateknologi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here