Rahasia Kulit Sehat, Selamat Tinggal pada Jerawat!

0
579

PROBLEMATIKA di usia 20-an yang sering terjadi adalah mulai munculnya masalah kulit. Perempuan di usia early twenty ini seringkali berhadapan dengan kulit berjerawat yang bisa muncul karena faktor hormonal dan faktor eksternal seperti makanan, kurangnya menjaga kebersihan kulit atau salah dalam memilih produk kecantikan.

Jerawat. Yes, masalah kulit berjerawat ini sering sekali dialami oleh perempuan berusia 20 tahun-an. Selain mengganggu penampilan, jika dibiarkan, jerawat bisa membuat kondisi sekitar kulit memerah bahkan meradang. Bukan tidak mungkin, struktur permukaan kulit juga bisa berubah.

Mengenai masalah jerawat, dr. Stanley Setiawan SpKK menjelaskan tentang berbagai macam kondisi kulit beserta segala permasalahannya. Menurut dia, jerawat itu bisa muncul karena beberapa faktor internal dan eksternal.

Hormonal

Biasanya, perempuan di usia 20-an memiliki hormon yang belum stabil. Dalam artian perubahan hormon yang tidak seimbang itu dapat menyebabkan sekresi pada kelenjar minyak dan lemak pada wajah. Jerawat yang muncul karena faktor hormonal ini biasanya muncul secara periodikal, yaitu saat terjadi haid setiap bulan.

Makanan

Seringnya mengonsumsi makanan yang berlemak atau terlalu berminyak juga bisa memicu timbulnya jerawat. Misalnya terlalu sering mengonsumsi gorengan, kacang-kacangan, cokelat yang banyak mengandung gula dan susu, dan tentu makanan olahan atau cepat saji. Sebaiknya, perbanyak konsumsi buah dan sayur ya!

Kurangnya menjaga kebersihan wajah

Secapek apapun Anda setelah beraktifitas, jangan pernah lupa untuk (paling tidak) cuci muka dengan facial foam. Atau Anda juga bisa menghapus dan membersihkan wajah dengan facial cleansing wipes, kalau kamu sudah ‘sangat letih’ untuk bebersih wajah. Karena, tidur dengan sisa make-up dan debu bukanlah ide bagus.

Jika Anda seharian beraktivitas dan menggunakan make-up, sebaiknya kamu lakukan double cleansingagar wajah benar-benar bersih dan terbebas dari makeup yang bisa memicu timbulnya jerawat. Simak cara melakukan double cleansing di artikel berikut ini.

Ingin memiliki kulit wajah bebas jerawat? Caranya cukup mudah. Langkah awal yang mesti diperhatikan adalah menjaga kebersihan kulit. Ini tips simpel yang bisa Anda praktikkan:

  • Cuci muka dua kali sehari (jangan terlalu sering, karena kulit bisa menjadi kering) dan lanjutkan dengan memakai skincare untuk kulit berjerawat. Perlu diingat juga, jangan biasakan memencet atau memegang-megang area yang berjerawat ya.
  • Pakai produk skincare yang ampuh untuk membasmi jerawat. Biasanya, kandungan produk untuk kulit berjerawat mengandung salicylic acid.
  • Rajin minum air putih karena air putih dipercaya dapat membuang toksin-toksin yang tidak diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi teh hijau juga bagus lho! Teh hijau kaya akan antioksidan dan ampuh mengurangi jerawat di wajah.

Ada sedikit tips untuk membuat masker wajah dari teh hijau:

  1. Campurkan teh hijau dengan madu dan gula lalu oleskan ke wajah
  2. Pijat selama dua menit dengan arah memutar jarum jam
  3. Lakukan dalam beberapa waktu, kemudian bilas dengan bersih

VoilaWajah halus sehat bebas jerawat bukan tidak mungkin kamu miliki. Rawat terus kulit cantikmu ya.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here