Ladies, Yuk Kenali Gejala Dini Kanker Ovarium

0
535

SELAMA beberapa dekade, kanker ovarium telah dianggap sebagai salah satu penyakit silent killer. Sulit bagi para ahli untuk menjelaskan bagaimana perjalanan penyakit ini termasuk gejala dan tanda-tandanya.

Namun, pada 2007, American Cancer Society, Yayasan Kanker Gynecologic, dan Society of Gynecologic Onkologi telah mengeluarkan peringatan kepada wanita untuk mengenali empat gejala kanker ovarium lebih dini. Berikut pemaparannya, seperti dilansir dari Cancerabout.

Perut sering kembung

Perut kembung sering dialami wanita menjelang haid atau masuk angin yang lebih umum. Namun, hal yang sama juga dirasakan banyak wanita yang memiliki kanker ovarium hampir setiap hari dan sulit disembuhkan. Bila Anda mengalami ini dua minggu berturut-turut, coba periksakan ke dokter.

Nyeri panggul

seperti kekembungan yang merupakan gejala PMS, nyeri panggul yang tidak terjadi saat menstruasi atau ovulasi juga pertanda dari gejala awal kanker ovarium. Intensitas sakitnya pun bisa dirasakan lebih parah.

Cepat kenyang

Cepat kenyang berbeda dengan kurang nafsu makan. Bila Anda merasa sering mudah kenyang setelah menyantap sedikit makanan, maka bisa jadi itu pertanda kanker ovarium. Sayangnya, gejala ini sering disalahartikan sebagai penyakit gastrointestinal.

Sering buang air kecil

Apabila Anda merasa sering buang air kecil padahal Anda tidak banyak minum air, ambil inisiatif untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. Walau sering buang air kecil juga sering didiagnosis sebagai penyakit infeksi saluran kemih, gejala tersebut juga biasa menunjukkan gejala kanker ovarium.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.