3 Hal Tentang Air yang Perlu Anda Tahu

0
435

Sering buang air kecil di waktu malam? Mungkin kamu meminum air putih di waktu yang salah.

Jakarta Manusia sangat membutuhkan air, baik untuk asupan di dalam tubuh ataupun untuk kehidupan sehari-hari. Akan tetapi ternyata masih banyak hal yang perlu diketahui manusia tentang air.

Sebagian besar orang pastinya sudah tahu bahwa di permukaan bumi ini ada beberapa jenis air, seperti air tawar, air payau, air asin, dan sebagainya. Tapi menurut info dari laman List25, Minggu (22/11/2015), ada beberapa fakta unik lainnya tentang air yang bisa membuat Anda penasaran.

1. Air Dingin Lebih Berat

Fakta yang satu ini pasti akan membuat Anda ingin tahu. Pasalnya air dingin ternyata lebih berat ketimbang air panas. Tidak percaya? Coba sekarang timbang air dingin dan panas dengan volume yang sama. Akan tetapi kebalikannya, air panas ternyata bisa membeku lebih cepat ketimbang air dingin, tapi hanya pada kondisi tertentu. Unik sekali,ya? Ternyata perbedaan air dingin dan panas tidak hanya dari suhunya saja.

2. Hanya 1 %

Setiap hari manusia tentu membutuhkan air untuk diminum. Entah itu berupa air putih, teh, kopi, jus, dan sebagainya. Namun demikian ternyata dari keseluruhan air di bumi ini hanya ada 1 persen air yang bisa diminum. Dari total 1 persen tersebut, 90 persen air yang bisa diminum berada di Antartika. Lalu bagiamana dengan sisanya? Selain dari Antartika, sisa air yang bisa diminum juga berasal dari Danau Baikal di Rusia.

3. Tentang Air Mineral

Ketika Anda membeli sebotol air mineral, Anda pasti bisa melihat ada tanggal kedaluarsa yang terdapat di tutup botol atau di bagian samping botolnya. Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa ternyata yang bisa kedaluarsa bukanlah airnya, melainkan botolnya. Ketika botol sudah mulai kedaluarsa, maka zat-zat kimia pada botol akan tercampur ke dalam air dan bisa berbahaya jika diminum.

Itu tadi adalah beberapa fakta tentang air yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang. Bagaimana, semakin penasaran dengan keunikan air yang lainnya? (Muhammad Altafs)

 

sumber : liputan6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.