China Tambah Jumlah Superkomputernya Tiga Kali Lipat

0
322

BEIJING – Jumlah superkomputer di China bertambah hampir tiga kali lipat dibanding enam bulan lalu, walau jumlah terbanyak tetap dipegang oleh Amerika Serikat.

China memiliki 109 sistem komputer berkemampuan tinggi dalam daftar Top500 yang berisi peringkat superkomputer dan jumlah itu berarti peningkatan pesat dari 37 superkomputer enam bulan lalu.

Superkomputer produk China yang paling tinggi adalah Tianhe-2, yang menduduki peringkat satu Top500 selama enam kali berturut-turut.

Sementara, Amerika Serikat tetap memiliki superkomputer yang paling banyak, yaitu 200 unit. Namun, jumlah itu sebenarnya menurun dan tergolong yang paling rendah sejak Top500 dimulai 22 tahun lalu.

Tianhe-2 dibuat oleh Universitas Nasional untuk Teknologi Pertahanan China dan digunakan di pusat superkomputer di kota Guangzhou.

Kemampuannya mencapai 33,86 quadrillion perhitungan dalam waktu satu detik, atau hampir dua kali lipat lebih cepat dari peringkat dua, yaitu Titan dari Kementerian Energi Amerika Serikat.

Superkomputer dikembangkan untuk melakukan simulasi yang rumit guna membantu penelitian ilmiah, baik dalam bidang industri, ramalan cuaca serta pembuatan obat-obat baru dan untuk mengkaji DNA.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here