Sidang PK Perdana, Abu Bakar Ba’asyir Siapkan Bukti Baru

0
429

JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjadwalkan sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) terdakwa teroris Abu Bakar Ba’asyir pada Selasa (17/11/2015).

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Made Sutisna mengatakan, sidang PK Abu Bakar Ba’asyir akan dipimpin oleh hakim ketua Ahmad Rifai.

“Ya betul, hari ini akan digelar sidang PK Abu Bakar Ba’asyir di ruang sidang utama,” ujar Made Sutisna saat dihubungi, di Jakarta, Selasa (17/11/2015).

Di sisi lain, Achmad Michdan, selaku ketua tim pengacara muslim Abu Bakar Ba’asyir menjelaskan akan menghadirkan bukti baru dalam sidang PK yang akan digelar oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Iya ada novum ada bukti baru tentunya. Tak hanya novum sebetulnya yang kita ajukan. Kita keberatan terhadap kekeliruan pertimbangan yudek yuris. Yang itu adalah majelis pada tingkat Mahkamah Agung,” ujar Michdan ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Selasa (17/11/2015).

Diketahui sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) membatalkan putusan Pengadilan Tinggi Jakarta Nomor 332/Pid/2011 PT.DKI pada Oktober 2011.

Dalam hal ini, MA membatalkan putusan hukuman sembilan tahun penjara dan kembali pada putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, yakni 15 tahun penjara. Oleh karena itu, Ba’asyir berencana mengajukan PK atas vonis 15 tahun penjara tersebut.

Dalam kasus tersebut, Ba’asyir dinyatakan bersalah karena terbukti merencanakan atau menggerakkan orang lain dengan memberikan dananya untuk kegiatan pelatihan militer di Pegunungan Jantho, Aceh Besar.

source : okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here